Bahan Ajar Interaktif Multimedia Berbasis Literasi Sains pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52635Keywords:
Bahan ajar interaktif, Multimedia, Literasi sainsAbstract
Pembelajaran kurang efektif karena rendahnya minat belajar siswa dan belum ada bahan ajar interaktif multimedia di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan dan menghasilkan produk yang telah diuji validitas dan kepraktisannya. Penelitian menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah dua orang dosen sebagai ahli materi, dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang guru sebagai praktisi, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan siswa dan enam orang siswa untuk uji coba kelompok kecil siswa. Metode pengumpulan data penelitian adalah metode kuesioner. Data dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor validitas media. Hasil analisis data memperoleh rata-rata skor 3,80 dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata skor ahli media 3,88, ahli materi 3,66, praktisi 3,75, uji coba perorangan 3,86 dan uji coba kelompok kecil 3,84, sehingga secara keseluruhan validitas bahan ajar interaktif multimedia berbasis literasi sains telah dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik. Uji kepraktisan oleh dua guru mendapatkan hasil keseluruhan rata-rata 3,75 dengan kualifikasi sangat baik dan praktis. Implikasi penelitian, yaitu dihasilkan bahan ajar interaktif multimedia berbasis literasi sains pada muatan IPA topik sistem gerak pada manusia kelas V yang digunakan guru sebagai referensi menyampaikan materi yang lebih luas.
References
Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.
Akhlis, I., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran science berorientasi cultural deviance solution berbasis inkuiri menggunakan ict untuk mengembangkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 86–94. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2905.
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.
Anugraheni, I., Kristin, F., & Airlanda, G. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berasis Olah Pikir Di Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1623. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1623
Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif pada Pelajaran Tematik dengan Tema “Indahnya Kebersamaan” untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, L. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353
Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21
Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Diyana ., T., Supriana., E., & Kusairi., S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning. , . https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/27672. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/27672. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. ,. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33–48. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fitriani, A. D. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Calon Guru Sekolah Dasar. Edutech, 13(2), 236. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105
Forey, G., & Cheung, L. M. E. (2019). The benefits of explicit teaching of language for curriculum learning in the physical education classroom. English for Specific Purposes, 54, 91–109. https://doi.org/10.1016/j.esp.2019.01.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.esp.2019.01.001
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (trend in Indonesia mathematic and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 0(0). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096.
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/248.
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantargebang ii kota bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v2i2.1244.
Indrawati. (2009). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P3TK IPA).
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145
Malalina, M., & Kesumawati, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726
Ningtyas, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 42. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p42-53. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p42-53
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775
Pratiwi, H. R., & Ismaniati, C. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 130–139. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/11735/10623. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.11735
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Prianoto, A. D., Gulo, F., & Effendi. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Kimia Untuk Pembelajaran Struktur Atom Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8398.
Riyanto, Amin, M., Suwono, H., & Lestari, U. (2020). The new face of digital books in genetic learning: A preliminary development study for students’ critical thinking. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 175–190. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321
Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107. DOI: https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107
Sembiring, E. B., Wahyuni, D., & Anurogo, W. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan Langka Menggunakan Model Tutorial. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(2), 103–112. https://doi.org/10.30871/deca.v1i2.839. DOI: https://doi.org/10.30871/deca.v1i2.839
Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731. DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731
Sulistyan, N. P. T., Kristiantari, R., M. G., & Arnawa., N. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Topik Rangkaian Listrik Untuk Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1). https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/654/254. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.654
Susilawati, S., Pramusinta, P., & Saptaningrum, E. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-Modul Gerak Lurus Dengan Software Flipbook Maker. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 36–43. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38279.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Uygarer, R., & Uzunboylu, H. (2017). An investigation of the digital teaching book compared to traditional books in distance education of teacher education programs. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(8), 5365–5377. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a. DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194
Winatha, K. R., Naswan, S., & Ketut, A. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238
Wulandari, M., Wirayuda, R. P., Aldila, F., & Wulandari, R. (2020). Description of students’ Integrated Science Process Skills on Friction Material on a Flat Field. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 8(2), 93–103. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i2.3206. DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i2.3206
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Dwigita Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.