Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307Keywords:
Membangun karakter, Profil pelajar pancasila, Tri Hita KaranaAbstract
Kondisi masyarakat Indonesia pada saat ini telah menunjukkan adanya suatu distorsi pada nilai–nilai keadilan dan kemanusiaan. Realitas yang terjadi sangat paradoks antara harapan dan kenyataan, dimana manusia kehilangan kendali untuk mencari hubungan yang harmonis. Diperlukan landasan yang kuat untuk mencapai hubungan yang harmonis dalam hal ini dikonseptualisasikan dalam ajaran Tri Hita Karana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil Pelajar Pancasila yang berlandaskan pada konsepsi kehidupan Tri Hita Karana sebagai pedoman dan nilai kearian lokal masyarakat Bali. Penulisan artikel ini merupakan studi pustaka dimana tema atau topik dilakukan dengan mengkaji teori yang berkaitan dengan tema atau topik terkait karakter profil pelajar dan Tri Hita Karana. Proses pengumpulan data studi literature meliputi editing, organizing, dan finding. Hasil penelitian ini penunjukan bahwa proses pendidikan karakter melalui konsep pengajaran Tri Hita Karana di sekolah terdapat implikasi terhadap pembuatan Karakter atau ketahanan individu partisipan didik ataupun siswa. Ajaran Tri Hita Karana menekankan bahwa umat manusia selalu berupaya untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis dengan alam dan lingkungannya.
References
Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18
Afnan, M., & Lasmawan, I W. Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487
Agustina, L., & Bidaya, Z. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran PPKN Di SMP Negeri 3 Lingsar Lombok Barat. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 54. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.674. DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.674
Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Holistik. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.2. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2
Astuti, N. N. S., Ginaya, G., & Susyarini, N. P. W. A. (2019). Designing Bali tourism model through the implementation of Tri Hita Karana and sad kertih values. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 5(1), 12–23. https://pdfs.semanticscholar.org/21ef/598b50c4e58031e853a4fc07197a4db0a8dd.pdf.
Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2747.
Azis, A., Haikal, M., Iswanto, S., Sejarah, P., Maret, U. S., Sejarah, P., Kuala, U. S., Sejarah, P., & Kuala, U. S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Toleransi dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus SMA Negeri 1 Banda Aceh). Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 287–299. https://core.ac.uk/download/pdf/296286926.pdf. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.167
Aziz, A. (2011). Curriculum Development in Indonesian Education. Curriculum Development in Indonesian Education, 3(2). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1312.
Dervis, B. (2013). Library Research Method. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://muse.jhu.edu/article/202353/summary. DOI: https://doi.org/10.1021/ci400128m
Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17553.
Farida, N., & Putra, K. A. D. (2021). Upaya Menumbuhkan Kemampuan Literasi Kritis oleh Berdikari Book. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.30372. DOI: https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.30372
Farozin, M., Kurniawan, L., & Irani, L. C. (2020). The Role of Guidance and Counseling in Character Education. 462(Isgc 2019), 112–116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.025. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.025
George, M. W. (2008). The elements of library research: What every student needs to know. Princeton University Press. DOI: https://doi.org/10.1515/9781400830411
Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1). https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.540.
Harefa, D., Fatolosa, & Hulu, M. M. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. PM Publisher.
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan upaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Indrapangastuti, D. (2014). Multicultural Education Practice And Problematic In Vocational High School. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.
Lilik, L., & Mertayasa, I. K. (2019). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(2), 60–80. https://doi.org/10.33363/ba.v10i2.373. DOI: https://doi.org/10.33363/ba.v10i1.165
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389
Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93–115. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278. DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278
Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4143. DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Nurjaya, I. G., Tirtayani, L. A., & Suwena, I. K. R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Tri Hita Karana Di Desa Binaan Abang Batu Dinding Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11895. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11895
Pike, M. A., Hart, P., Paul, S. A. S., Lickona, T., & Clarke, P. (2020). Character Development through The Curriculum: Teaching and Assessing The Understanding and Practice of Virtue. Journal of Curriculum Studies, 1–18. https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1755996. DOI: https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1755996
Prasarti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan perilaku milineal: peluang atau ancaman bonus demografi. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981. DOI: https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak Rosikum. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910
Roth, D., & Sedana, G. (2015). Reframing Tri Hita Karana: From ‘Balinese Culture’to Politics. The Asia Pacific Journal of Anthropology, 16(2), 157–175. https://doi.org/10.1080/14442213.2014.994674. DOI: https://doi.org/10.1080/14442213.2014.994674
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sukarma, I. W. (2016). Tri Hita Karana theoretical basic of moral Hindu. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 2(3), 102–116. https://core.ac.uk/download/pdf/230594757.pdf. DOI: https://doi.org/10.21744/ijllc.v2i3.230
Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626. DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626
Widiastuti, N. L. G. K. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479-490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.
Widodo, B., & Al Muchtar, S. (2020). The Optimization of Civic Education in Building the Harmony of Religious Life Through Religious Humanism Approach. 418(Acec 2019), 57–61. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.011. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.011
Windia, W., Suamba, I. K., Sumiyati, S., & Tika, W. (2018). Sistem Subak Untuk Pengembangan Lingkungan Yang Berlandaskan Tri Hita Karana. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 12(1), 118. https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10. DOI: https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10
Yuliandari, N. K., & Sunariani, N. N. (2020). Pendekatan Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 118–132. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2346. DOI: https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2346
Zuriah. N. (2011). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikulturan Berbasis Kearifan Lokal dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 63–72. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jip/article/view/46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ida Bagus Rai , I Made Sila , Ida Bagus Brata, I Made Sutika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.