Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global

Authors

  • Ida Bagus Rai Universitas Dwijendra, Denpasar, Indonesia
  • I Made Sila Universitas Dwijendra, Denpasar, Indonesia
  • Ida Bagus Brata Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Indonesia
  • I Made Sutika Universitas Dwijendra, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307

Keywords:

Membangun karakter, Profil pelajar pancasila, Tri Hita Karana

Abstract

Kondisi masyarakat Indonesia pada saat ini telah menunjukkan adanya suatu distorsi pada nilai–nilai keadilan dan kemanusiaan. Realitas yang terjadi sangat paradoks antara harapan dan kenyataan, dimana manusia kehilangan kendali untuk mencari hubungan yang harmonis. Diperlukan landasan yang kuat untuk mencapai hubungan yang harmonis dalam hal ini dikonseptualisasikan dalam ajaran Tri Hita Karana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil Pelajar Pancasila yang berlandaskan pada konsepsi kehidupan Tri Hita Karana sebagai pedoman dan nilai kearian lokal masyarakat Bali. Penulisan artikel ini merupakan studi pustaka dimana tema atau topik dilakukan dengan mengkaji teori yang berkaitan dengan tema atau topik terkait karakter profil pelajar dan Tri Hita Karana. Proses pengumpulan data studi literature meliputi editing, organizing, dan finding. Hasil penelitian ini penunjukan bahwa proses pendidikan karakter melalui konsep pengajaran Tri Hita Karana di sekolah terdapat implikasi terhadap pembuatan Karakter atau ketahanan individu partisipan didik ataupun siswa. Ajaran Tri Hita Karana menekankan bahwa umat manusia selalu berupaya untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis dengan alam dan lingkungannya.

References

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18

Afnan, M., & Lasmawan, I W. Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487

Agustina, L., & Bidaya, Z. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran PPKN Di SMP Negeri 3 Lingsar Lombok Barat. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 54. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.674. DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.674

Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Holistik. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.2. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Astuti, N. N. S., Ginaya, G., & Susyarini, N. P. W. A. (2019). Designing Bali tourism model through the implementation of Tri Hita Karana and sad kertih values. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 5(1), 12–23. https://pdfs.semanticscholar.org/21ef/598b50c4e58031e853a4fc07197a4db0a8dd.pdf.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2747.

Azis, A., Haikal, M., Iswanto, S., Sejarah, P., Maret, U. S., Sejarah, P., Kuala, U. S., Sejarah, P., & Kuala, U. S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Toleransi dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus SMA Negeri 1 Banda Aceh). Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 287–299. https://core.ac.uk/download/pdf/296286926.pdf. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.167

Aziz, A. (2011). Curriculum Development in Indonesian Education. Curriculum Development in Indonesian Education, 3(2). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1312.

Dervis, B. (2013). Library Research Method. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://muse.jhu.edu/article/202353/summary. DOI: https://doi.org/10.1021/ci400128m

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17553.

Farida, N., & Putra, K. A. D. (2021). Upaya Menumbuhkan Kemampuan Literasi Kritis oleh Berdikari Book. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.30372. DOI: https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.30372

Farozin, M., Kurniawan, L., & Irani, L. C. (2020). The Role of Guidance and Counseling in Character Education. 462(Isgc 2019), 112–116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.025. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.025

George, M. W. (2008). The elements of library research: What every student needs to know. Princeton University Press. DOI: https://doi.org/10.1515/9781400830411

Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1). https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.540.

Harefa, D., Fatolosa, & Hulu, M. M. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. PM Publisher.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan upaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Indrapangastuti, D. (2014). Multicultural Education Practice And Problematic In Vocational High School. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.

Lilik, L., & Mertayasa, I. K. (2019). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(2), 60–80. https://doi.org/10.33363/ba.v10i2.373. DOI: https://doi.org/10.33363/ba.v10i1.165

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93–115. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278. DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278

Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4143. DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873

Nurjaya, I. G., Tirtayani, L. A., & Suwena, I. K. R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Tri Hita Karana Di Desa Binaan Abang Batu Dinding Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11895. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11895

Pike, M. A., Hart, P., Paul, S. A. S., Lickona, T., & Clarke, P. (2020). Character Development through The Curriculum: Teaching and Assessing The Understanding and Practice of Virtue. Journal of Curriculum Studies, 1–18. https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1755996. DOI: https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1755996

Prasarti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan perilaku milineal: peluang atau ancaman bonus demografi. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981. DOI: https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak Rosikum. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Roth, D., & Sedana, G. (2015). Reframing Tri Hita Karana: From ‘Balinese Culture’to Politics. The Asia Pacific Journal of Anthropology, 16(2), 157–175. https://doi.org/10.1080/14442213.2014.994674. DOI: https://doi.org/10.1080/14442213.2014.994674

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sukarma, I. W. (2016). Tri Hita Karana theoretical basic of moral Hindu. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 2(3), 102–116. https://core.ac.uk/download/pdf/230594757.pdf. DOI: https://doi.org/10.21744/ijllc.v2i3.230

Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626. DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626

Widiastuti, N. L. G. K. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479-490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.

Widodo, B., & Al Muchtar, S. (2020). The Optimization of Civic Education in Building the Harmony of Religious Life Through Religious Humanism Approach. 418(Acec 2019), 57–61. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.011. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.011

Windia, W., Suamba, I. K., Sumiyati, S., & Tika, W. (2018). Sistem Subak Untuk Pengembangan Lingkungan Yang Berlandaskan Tri Hita Karana. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 12(1), 118. https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10. DOI: https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10

Yuliandari, N. K., & Sunariani, N. N. (2020). Pendekatan Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 118–132. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2346. DOI: https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2346

Zuriah. N. (2011). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikulturan Berbasis Kearifan Lokal dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 63–72. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jip/article/view/46.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Rai, I. B. ., Sila , I. M. ., Brata, I. B. ., & Sutika, I. M. . (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)