Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pop Up Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25678Abstract
Keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa menjadi rendah karena kurangnya proses pembelajaran bermakna yang diterima oleh siswa. Siswa belum mengalami proses pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Pop Up terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia. Penelitian quasi eksperimen adalah jenis dari penelitian ini dan Nonequivalent Control Group Design sebagai rancangan penelitian. Sejumlah 154 populasi yang terbagi menjadi 4 kelas dan setelah melalui teknik pengundian, terpilih dua sekolah yang menjadi sampel penelitian. Dalam proses pengumpulan data, tes perbuatan dengan jenis tes bercerita yang berpacu pada rubrik kebahasaan menjadi instrument penelitian ini. Data post-test dianalisis menggunakan uji-t menggunakan rumus polled varians. Pada hasil analisis uji-t didapatkan thitung = 3,31 serta pada taraf signifikansi 5% dan dk = 78 didapat ttabel = 1,99. Dikarenakan thitung > ttabel hingga H0 ditolak (gagal diterima). Dapat disimpulkan bahwasannya model student facilitator and explaining berbantuan media pop up berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia kelas V SD karena pembelajaran yang menerapkan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Pop Up memberi dampak yang positif terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia melalui kegiatan-kegiatan berbicara yang melatih siswa agar lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan juga tepat dalam memilih kosakata sehingga mempermudah siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara.
References
Agathi Dian, I. A. A., Kristiantari, R. M. G., & Ganing, N. (2015). Guru Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia ( Keterampilan Membaca ) Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SD Desa Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5172
Artini, Y. (2016). Penerapan Strategi TTW Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Berbicara Dalam Muatan Materi Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 2–5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7339
Avidasari, T. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (Sfae) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Mahkluk Hidup Siswa Kelas Iv Sdn Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki Pedagogi, 2(8). Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.01.10.0052
Desta Setyawan, Usada, H. M. (2014). Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 2(11). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3986
Dewanti, Toenlioe, & Soepriyanto. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. Retrieved from Ponorogo
Donas Ahmad Najib &Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063
Floryantini, K. N., Sudana, D. N., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 24(1), 114–123. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468
Handaruni Dewanti, Anselmus J E Toenlioe, Y. S. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551
Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika.
Mustaqim, M. (2019). Model Evaluasi Pembelajaran Stain Kudus (Studi Kasus Sistem Evaluasi Pembelajaran Dosen Prodi Manajemen Bisnis Syari’ah Stain Kudus). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nida, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846
Puspitasari, E. D. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Didukung Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Bangsri Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2016-2017. Mimbar PGSD Undiksha, 01(09). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2426
Riyanti, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Pop Up Pada Siswa Kelas II SD N Widoro Kecamatan Pengasih. Basic Education, 4(16). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1192
Saisabila, A. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Visual Non Proyeksi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14616
Shoimin. (2014a). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, A. (2014b). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suryani, & Dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutami, N. K. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wirawan, I. K. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif TTW untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yofangka, F. H. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token. 8(16), 535–543.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.