Metode Kooperatif Tipe Index Card Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan

Authors

  • Wahyu Ragil Prabowo Universitas PGRI Semarang
  • Djoko Purnomo Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28905

Abstract

Rendahnya nilai keterampilan siswa serta sulitnya siswa dalam melakukan praktik, hal tersebut disebabkan karena kurangnya optimalnya model pembelajaran inovatif serta keterbatasan media yang dimiliki sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match mengembangkan hasil belajar siswa Kelas V. Penelitian ini adalah eksperimen tipe Pre- Eksperimental. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre – Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampelnya penelitian berjumlah 21 siswa dengan menggunakan non probability sampling atau sampling jenuh.  Data hasil penelitian menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data dari perhitungan uji-t hasil thitung sebesar 6,827 dengan distribusi uji t diperoleh db = n1+n2– 1 = 21+21 – 1 = 41 dengan taraf signifikan 5% di dapatkan ttabel sebesar 2,020 sehingga thitung > ttabel atau 6,827 > 2,020 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan metode index card match. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode Index Card Match secara signifikan efektif untuk meningkatkan Hasil Belajar.

Author Biographies

Wahyu Ragil Prabowo, Universitas PGRI Semarang

Jurusan Pendidikan Matematika

Djoko Purnomo, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Qoriati Mushafanah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85.

Annisa, & Marlina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Matchterhadap Aktivitas Dan Hasil Belajarmatematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Annisa, & Wakijo. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v7i1.2043

Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646

Belajar, H., Pada, S., & Pelajaran, M. (2019). 1 , 2 3. 8(2).

Djumali. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawit Boyolali . Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 2–9. https://doi.org/http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/834

Fauzi, K. (2017). Cooperative learning index card match model to improve the result of Qur’an Hadith learning Mudarrisa. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 53–73. Retrieved from https://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/index.php/attarbiyah/.

Hamalik, Oemar.2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Krisdayati, & Kusmariyatni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Minat Baca. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 156–159. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24935/15605

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Nida, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846

Noviyanti, D. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Type Make-A-Match Dengan Media Evidence Card Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Asam-Basa. National Scientific Journal of Unnes, 6(1), 867–873. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/6523.

Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan Problem Posing Berbantuan Software MATLAB terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Elemen, 5(1), 12–22. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/710.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 152–157. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Rambe, K. R. N. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1), 93–124. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.30829%2Ftar.v25i1.237.

Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 113–144. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313

Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VII 4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095

Silberman, M. (2014). Andbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran Dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media.

Sirait, & Apriyani. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46–48. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1710

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Susanti. (2020). The Use of WhatsApp in Reading Lesson at the STMIK Pontianak, West Kalimantan, Indonesia. Mimbar Pendidikan, 5(1), 57–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik/article/view/24151/11694.

Weni, Susanti, & Jatmiko. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), 26–33. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/882/671 06,01 2016

Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah DasaR. Ar-Risalah, 18(2), 22–37. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90.

Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 203–209. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Prabowo, W. R., Purnomo, D., & Mushafanah, Q. (2020). Metode Kooperatif Tipe Index Card Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Mimbar Ilmu, 25(3), 380–390. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28905

Issue

Section

Articles