KONTRIBUSI KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (2) pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (3) pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan yang berjumlah 250 orang siswa. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 152 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data konsep diri dan motivasi berprestasi diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis yang terlah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,88 > Ftabel = 3,91, (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 4,33 > Ftabel = 3,91, (3) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 4,77 > Ftabel = 3,06.
Kata-kata kunci : Konsep Diri, Motivasi Berprestasi
Referensi
Andriani, Durri. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Agung, A.A Gede. 2006. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri.
Agung, A.A Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bayanie, Mareta. 2012. Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Konsep Diri Dengan Sikap Kreatif. Jawa Barat: Universitas Negeri Jakarta. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/37. (diakses tanggal: 16 November 2018).
Budiarnawan, Madri, Rati. 2014. Hubungan Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2 Nomor 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2224. (diakses tanggal: 27 Desember 2018).
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas.
Dantes, Nyoman. 2007. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dianto, Nurhizrah Gistituati, Mudjiran. 2015. Kontribusi Dukungan Sosial dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Universitas Negeri Padang. Volume 4 Nomor 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/6451. (diakses tanggal : 16 November 2018).
Djaali, H. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dwija, I Wayan. 2008. Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran STKIP Agama Hindu Amlapura. Nomor 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/search/authors/view?firstName=I%20Wayan&middleName=&lastName=Dwija&affiliation=&country= (diakses tanggal: 18 November 2018).
Kepmendiknas. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional. Di akses tanggal: 18 Januari 2019.
Koyan, I Wayan. 2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Maharany, Adela. 2016. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung: Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/23778. (di akses tanggal: 22 Januari 2019).
Novilita, Hairina. 2013. Konsep Diri Adversity Qoutient Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi. Volume 8 Nomor 1. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/218. (di akses tanggal: 27 Desember 2018).
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di akses tanggal: 18 Januari 2019.
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Di akses tanggal: 20 Februari 2019.
Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: WADE Group.
Rimbawan, Nyoman Dayuh. 2013. Statistik Inferensial Untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar: Udayana University Press.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Saputri, Aliffiandini Nurma. 2016. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/24340. (diakses tanggal 14 Januari 2019).
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Suryaningsih, 2015. Korelasi Motivasi Berprestasi Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 4 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/20158. (diakses tanggal 14 Januari 2019).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Uno, H. Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
UU RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.