PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU SDN MRANGGEN 04
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21424Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN MRANGGEN 04 yang dilihat pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN MRANGGEN 04 tahun pelajaran 2019. Sampel yang diambil adalah 41 siswa kelas IVA dan IVB teknik Probability Sampling berbentuk Cluster Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil analisis pretest dan posttest pada hasil belajar siswa menggunakan uji t didapatkan thitung = 2,3539 dengan ttabel = 2,0243. Untuk H0 diterima jika thitung ≥ ttabel karena thitung = 2,3539 > ttabel = 2,0243 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara rata-rata hasil belajar setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, hasil perhitungan hipotesis kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan uji t didapatkan thitung = 2,5115 dengan ttabel = 2,0243. .Untuk H0 diterima jika thitung ≥ttabel karena thitung = 2,5115 > ttabel = 2,0243 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara hasil tes setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata-kata kunci : Number Head Together (NHT), Media Monopoli
Referensi
Anitah . Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta:Universitas Terbuka, 2009.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aunurrohman. 2009. Belajar dan Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusataka Belajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Pasal 1 ayat 19
Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rakhmat, Jalaluddin. 2013. PsikologiKomunikasi. Bandung: RemajaRosdakarya.
Tawil, Muh dan Kemala Suryasari. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Fisika BerbasisPortofolio untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Makassar: Universitas Negeri Makassar, ISSN 1411-2531.
https://www.gurusukses.com/mengelola-pembelajaran-berdasarkan-permendikbud 22-tahun-2016. Di Unduh pada 16 Juli 2018
https://www.nidokna.com/2017/04/melestarikan-hewan-dan-tumbuhan-langka.html. Di Unduh pada 13 Agustus 2018
https://nasional.kompas.com/read/2012/12/14/02344589/twitter.com?page=all. Diunduh pada 07 Oktober 2019
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.