PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU SDN MRANGGEN 04

Penulis

  • Latifatul Ariyani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Fenny Roshayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sunan Baedowi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21424

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design.  Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN MRANGGEN 04 yang dilihat pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN MRANGGEN 04 tahun pelajaran 2019. Sampel yang diambil adalah 41 siswa kelas IVA dan IVB teknik Probability Sampling berbentuk Cluster Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil analisis pretest dan posttest pada hasil belajar siswa menggunakan uji t didapatkan thitung  = 2,3539 dengan ttabel = 2,0243. Untuk H0 diterima jika thitung ≥ ttabel karena thitung = 2,3539 > ttabel = 2,0243 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara rata-rata hasil belajar setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, hasil perhitungan hipotesis kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan uji t didapatkan thitung = 2,5115 dengan ttabel = 2,0243. .Untuk H0 diterima jika thitung ≥ttabel karena thitung = 2,5115 > ttabel = 2,0243 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara hasil tes setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata-kata kunci : Number Head Together (NHT), Media Monopoli

Referensi

Anitah . Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta:Universitas Terbuka, 2009.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aunurrohman. 2009. Belajar dan Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusataka Belajar.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Pasal 1 ayat 19

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2013. PsikologiKomunikasi. Bandung: RemajaRosdakarya.

Tawil, Muh dan Kemala Suryasari. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Fisika BerbasisPortofolio untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Makassar: Universitas Negeri Makassar, ISSN 1411-2531.

https://www.gurusukses.com/mengelola-pembelajaran-berdasarkan-permendikbud 22-tahun-2016. Di Unduh pada 16 Juli 2018

https://www.nidokna.com/2017/04/melestarikan-hewan-dan-tumbuhan-langka.html. Di Unduh pada 13 Agustus 2018

https://nasional.kompas.com/read/2012/12/14/02344589/twitter.com?page=all. Diunduh pada 07 Oktober 2019

Cara Mengutip

Ariyani, L., Roshayanti, F., & Baedowi, S. (2019). PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU SDN MRANGGEN 04. Mimbar Ilmu, 24(3), 310–320. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21424

Terbitan

Bagian

Articles