Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25598Abstrak
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif sehingga membuat siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis berpikir kreatif terhadap kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental quasi eksperiment dengan rancangan penelitian Non Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 293 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes objektif pilihan ganda. Data posttest kompetensi pengetahuan IPAdianalisis menggunakan teknik analisis uji-t polled varians. Hasil anlisis data diperoleh (thitung=4,50 ttabel =2,000) pada taraf signifikasi 5% (dk = 33+30–2 = 61) maka, H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis berpikir kreatif dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis berpikir kreatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi guru untuk mendukung serta mengoptimalkan kualitas pembelajaran.
Referensi
Amal, A., & Kune, S. (2018). Peranan Pembelajaran Ipa Berorientasi Poe ( Predict , Observe , Explain ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018, 607–620. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/download/2927/2364
Amaliyah, M., & Nasrudin, H. (2019). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (POE) Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 11 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 2252–9454. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Arsy, H. I., Prasetyo, A. P. B., & Subali, B. (2020). Predict-Observe-Explain Strategy with Group Investigation Effect on Students ’ Critical Thinking Skills and Learning Achievement. Journal of Primary Education, 9(1), 75–83. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i1.29109
Aziz, A. (2018). Landasan Pendidikan. Pamulang Ciputat: Haja Mandiri.
Fadillah, & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswasyarifah. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8379/pdf.
Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92–101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863
Hardiyanti, A., Auliaty, Y., & Siregar, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Dinamika IPA Sekolah Dasar, 1(1), 1–15. Retrieved from https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/ipa/article/download/132/59
Hidayah, A., & Yuberti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2470
Hunaidah, M., & Fayanto, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe- Explain ( POE ) Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika Materi Pokok Kalor Kelas VII 2 SMP Negeri 15 Kendari. Pendidikan Fisika, 293–298. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/275
Islamiyah, M. B., Idrus, W. S., & Anwar, S. A. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict , Observe and Explain ( POE ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Chemistry Education Practice, 2(2). https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1294
Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial SiswaJaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifikuntuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf
Kartika, H., Harjono, Sumarni, W., & Murbangun. (2019). Kontribusi Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Titrasi Asam-Basa Dengan Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Phenomenon, 9(2), 190–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3994
Kosim, N., & Taufik, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 146–152. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1456
Kristinawati, & Dkk. (2018). ICT Based-Problem Based Learning on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 38–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v6i2.11683
Lestari, D. N., & Suliyanah. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 157–165. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34077/30382
Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501
Marhento, G. (2020). Model Pembelajaran POE ( Predict Observe Explain ) Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 267–272. Retrieved from http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/viewFile/3969/647
Milawati. (2019). Peranan Model Pembelajaran POE ( Predict-Observe-Explain ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis , Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 398–402. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10587
Okta Nurfiyani, I., Suharsono, S., & Faisal Mustofa, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(2), 67–72. https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i2.1928
Pane, N. A., Nyeneng, & Distrik. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills Of Hight School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 11(1), 111–119. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Paoliana, N., Taufik, M., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran POE ( Predict-Observe- Explain ) terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal GeoSciecceEdu, 1(1), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i1.38
Prasetyo, R. I., Hidayat, N., & Dimas, A. (2019). Studi Literature Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain). Penguatan Pendidikan Dan Kebudayaan, 704–710. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/81
Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162–173. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Rosnaeni, Muslimin, & Saehana, S. (2018). Perbandingan Keterampilan Proses Sains antara Kelompok Siswa yang Diajar dengan Model POE dan Model Discovery. Jurnal Pendidikan Fisika, VI(1), 43–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1260
Safitri, E., Kosim, & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Savitri, R. W., & Susilaningsih, E. (2019). Analisis Ketercapaian Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Predict, Observe, Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2395–2403. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15152
Setiawan, A. R. (2020). Desain Pembelajaran Tematik untuk Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Memperoleh Literasi Saintifik. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Setyadi, I. M. A., Sudiarta, I. G. P., & Mertasari, N. M. S. (2019). The effect of predict-observe-explain ( POE ) learning model using open- ended problem ( OEP ) towards students ’ mathematical problem solving skill. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(3), 133–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpp.v52i3.15713
Suhaesa, A. A. as, Andayani, Y., Muti’ah, M., & Anwar, Y. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Kesetimbangan Kelarutan Kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(2), 27–35. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.956
Susanti, D., Anwar, C., Putra, F. G., Netriwati, Afandi, K., & Widyawati, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe POE dan Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif. Jurnal Inovasi Matematika, 2(2), 93–105. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.199
Uswati, S., Hadisaputra, S., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE ( Predict , Observe , Explain ) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Kimia, 88–93. Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/PSN/article/view/1819
Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yanuarti, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (POE) Pada Pembelajaran Geometri di Kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.3327.71-78
Zainuddin, M. R. (2019). Peran guru PAI Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Journal of Islamic Education, IV(2), 130–139. Retrieved from http://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/121
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.