Peningkatan Motivasi Belajar Berbasis Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Penulis

  • Ni Made Rianita
  • Ni Luh De Erik Trisnawati
  • Putu Eka Nopiyani

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28312

Abstrak

Rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris pada mahasiswa disebabkan karena kurangnya motivasi mahasiswa dalam belajar. Selain itu tidak adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris yang telah didapatkan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar berbasis spiritual terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanasi asosiatif yang menguji hubungan antar variabel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Component based SEM, Partial Least Square (PLS). Jumlah populasi dalam penelitian adalah 887. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampal adalah Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar berbasis spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa yaitu ditunjukan dengan nilai T statistics >1.96 yaitu 19,359 atau p-values adalah signifikan < 0.05. Dengan adanya dorongan atau motivasi dalam pembelajaran, mahasiswa mampu meningkatkan nilai akademisnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar berbasis spiritual mampu mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Biografi Penulis

Ni Made Rianita

Dosen Jurusan Akuntansi STIE Satya Dharma Singaraja

Referensi

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.

Andiwatir, & Khakim. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahan Perilaku pada Siswa SMP. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/intuisi.v11i2.17808.

Farid, M. M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Lingkungan Belajar Pada Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 142–156. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p142-156

Fitri, J. (2019). Minat Baca Dan Kebiasaan Mencontek Dalam Hasil Belajar Memahami Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 1 Pariaman. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 31–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p31-38

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Gorda, I. G. N. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar: Astabarata Bali.

Haeruddin, & Hadijah. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 93–100. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.144

Handayani, R. D. (2017). Analisis Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2), 320–333. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.8449

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial SiswaJaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifikuntuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf

Jhoni, Hanesman, & Almasri. (2017). Kontribusi Motivasi dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMKN 2 Solok. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 5(1), 96–106. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/6528

Lokollo, Rumahlewang, & Tutupary. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Kota Ambon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 69–82. Retrieved from https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP/article/view/96

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Vivi. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Maisah. (2016). Peningkatan Organizational Citizenship Behavior Dan Spiritual Quotient Melalui Pelatihan Berbasis Nilai Spiritual Guru MTs. Cakrawala Pendidikan, 35(2), 217–224. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8073

Noervadila, Irma, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Pramana, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Sikap Spiritual Dan Hasil Belajar Pkn. Retrieved March 25, 2020, from https://adoc.tips/pengaruh-model-pembelajaran-self-regulated-learning-srl-terh.html

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Saputra, & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Yamin.

Situmorang, D. (2019). Pengaruh Focus Group Discussion Tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Jumatik, 4(2), 220–227. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/jumantik.v4i2.5612

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sulthon. (2016). Membangun Kesadaran Berperilaku Siswa Madrasah dengan Penguatan Nilai-Nilai Spiritual. Edukasia: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Islam, 11(2), 339–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1750

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 72–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Suryani, & Bantas. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan, 6(2), 275–283. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Susanti. (2020). The Use of WhatsApp in Reading Lesson at the STMIK Pontianak, West Kalimantan, Indonesia. Mimbar Pendidikan, 5(1), 57–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik/article/view/24151/11694.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutrisno, & Siswanto. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Vani, S. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Economica, 4(2), 308–314. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22202/economica.2016.v4.i2.669

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273

Widiarti, E. (2018). Pengaruh motivasi dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(4), 298–305. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57318

Widnyani, Dantes, & Tegeh. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap SikapSpiritual Siswa dengan Kovariabel Intensitas Hubungan Dalam Pola Asuh Keluarga. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5635

Wina Dwi Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.31949%2Fjcp.v1i1.347

Yarifah, & Sumardi. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Malcolm’s Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 237–247. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7510.

Zaitun. (2019). The Benefits Of Learning Motivation Based On Local Wisdom Of G12. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 36–45. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/12388/pdf

Zuldafrial. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media.

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Rianita, N. M., Trisnawati, N. L. D. E., & Nopiyani, P. E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Berbasis Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Mimbar Ilmu, 25(3), 338–345. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28312

Terbitan

Bagian

Articles