Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Sikap Demokratis Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)

Authors

  • I Made Pater SMK Negeri 3 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan sikap demokratis Siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas X TITL 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 35 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data yang didapat selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas X TITL 1 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 dan terjadi peningkatan sikap demokratis siswa yang berada pada kategori tinggi.

 

Kata Kunci : GI (Group Investigation), Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Demokratis

References

Adora, Nelia M. 2014. Group Investigation in Teaching Elementary Science. International Journal of Humanities and Management Sciences, 2 (3): 146-147.

Akly, Nur, Andi Halimah. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 Hal.52-57. Tersedia Pada : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/4105.

Arikunto, Suharsimi. 1918. Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta : Renika Cipta.

Arisinta, Renika, Bayu Hendro Wicaksono, Ima Wahyu Putri Utami. 2017. Pengembangan Group Investigation dengan Permainan “Aku Seorang Detektif” Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Volume 5, Nomor 2 Hal. 732-742. Tersedia Pada : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/4822/4956. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4822

Artini, Marungkil Pasaribu, dan Sarjan. M. Husain. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1, Hal. 45-52. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/view/4135.

Arya Sunu, I Gusti Ketut.2015. Manajemen kelas; aplikasi dalam proses pembelajaran di Pendidikan Formal. Yogyakarta: Media Akademi.

Depdiknas, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Erwin, Muhamad. 2010, Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung:PT Refika Aditama.

Halpen. 1996. Memahami Berpikir Kritis. Bandung: Artikel Pendidikan.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harahap, Ria Astri, Derlina. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Metode Know-Want-Learn (KWL): Dampak terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi Vol. 06 No. 2 Hal. 149-158. Tersedia Pada : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1369/0. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1369

Iskandar. 2008. Metodelogi Penelitian dan sosial (Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ita Damayanti, Ni Kadek. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2016/2017. (Joernal).

Lasmawan, W.2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Persefektif Kontekstual Empiris. Singaraja: Medakom Indonesia Press Bali.

Suariana, I Made. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigasi) Untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap Demokratis dan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan).

Sumertha, I Gede. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2 No 2 Hal. 195-202. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/17908/10706. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Pitoyo, Andri, Herman J. Waluyo, Sarwiji Suwandi, & Andayani. 2014. The Effect of Group Investigation Learning Model, Accelerated Learning Team and Role Playing on Elementary School Student’ Writing Skills Viewed from Cognitive Style. Journal of Education and Practice, 5 (1): 21-29.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Pernaa Media Group.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahnun 2003 Tentang SIstem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta : Depdiknas.

Downloads

Published

2019-07-12

How to Cite

Pater, I. M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Sikap Demokratis Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18377

Issue

Section

Articles