Keefektifan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Panas dan Perpindahannya

Salis Mahfudah, Ary Susatyo, Ari Widyaningrum

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir berpikir kritis siswa tema panas dan perpindahnnya SD Negeri Tlogomulyo Semarang tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini meruapakan penelitian pre-Experimental design dengan jenis One group pretest dan posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas av sd negeri Tlogomulyo Semarang dengan jumlah 45 siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunkan model problem based learning learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis tema panas dan perpindahannya siswa  kelas V SD Negeri Tlogomulyo Semarang. Dilihat dari rata-rata pretest yang awalnya adalah 48 dan setelah melakukan postest rata-rata nilainya adalah 83. Pada saat pretest dari 45 siswa tidak ada yang tuntas, setelah melakukan posttest ada 39 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t bahwa hasil  >  yaitu 23,865 > 1,671 diperoleh 23,865 dengan db=45-1=44 pada taraf signifikan  = 5% diperoleh indeks  = 1,671. Karena  >  maka  ditolak dan  diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan model problem based learning lebih baik sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning.

 

Kata kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Tema Panas dan Perpindahannya


Full Text:

PDF

References


Afrizon, renal. dkk. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas IX MtsN Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal penelitian pembelajaran fisika 1 (2012) 1-16. ISSN: 2252-2014 Februari 2012 http://ejournal.upp.ac.id.

Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013 Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azmi, Muhamad Khairul, Satutik Rahayu, Hikmawati. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No 2 Hal. 86-94. Tersedia Pada : http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=917835&val=14364&title=Pengaruh%20Model%20Problem%20Based%20Learning%20dengan%20Metode%20Eksperimen%20dan%20Diskusi%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Fisika%20Ditinjau%20dari%20Sikap%20Ilmiah%20Siswa%20Kelas%20X%20MIPA%20%20SMA%20N%201%20Mataram.

Dewina, Sindy, Ondi Suganda, Rahma Widiantie. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi Volume 9, Nomor 2 Hal. 46-54. Tersedia Pada : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/748.

Fauziah, Intan, Samsul Maarif, Trisna Roy Pradipta. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Analisa Vol. 4 No. 2 Hal. 90-98. Tersedia Pada : http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index.

Hamdayana. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik & Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kasturi, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Berorientasi Penerapan Hots Pada Materi Kesebangunan Kelas IX. Jurnal Pancaran, Vol. 4, No. 1, hal 11-32, Februari 2015.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung : Alfabeta.

Lutvaidah, Ukti.2015. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Vol. 5 No. 3 Hal. 279-285. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Mengembangkan profedionaliseme guru.Jakarta : Rajawali.

Rusman .2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Teori praktik dan penilaian. Jakarta : Raja wali.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Rajawali.

Sianturi, Aprilita, Tetty Natalia Sipayung, dan Frida Marta Argareta Simorangkir. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 Hal. 29-42. Tersedia Pada : http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/2082.

Sudjana. 2015. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.