Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • M. Yusuf Setia Wardana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Yuwenti Rifaldiyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18380

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Pemecahan Masalah Matematika kelas IIIA SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Pada pembelajaran Matematika guru masih menggunkan model konvensional dan belum menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk mata pelajaran matematika, sehingga nilai rata-rata Ulangan Tengah Semester siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 48% dari 23 siswa dengan KKM 65. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaranProblem Based Learningterhadap hasil belajar siswa pada materi pemecahan masalah matematika kelas III A SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain True Eksperimental Design berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 23 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas IIIB sebagai kelas kontroldengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil Penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu pada kelas IIIA sebesar 71,13 sedangkan pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu pada kelas IIIB sebesar 65,09. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh nilai thitung =2,680dan ttabel =2,016. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka disimpulkan model Problem Based Learningn efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pemecahan masalah matematika kelas III SD Negeri Kalicari 01.Saran  yang dapat peneliti disampaikan pada penelitian ini adalah hendaknya model Problem Based Learning dapat diterapkan dan dijadikan model pengetahuan baru untuk guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan inovatif.

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pemecahan Masalah Matematika

References

Azmi, Muhamad Khairul, Satutik Rahayu, Hikmawati. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi terhadap Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No 2 Hal. 86-94. Tersedia Pada : http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=917835&val=14364&title=Pengaruh%20Model%20Problem%20Based%20Learning%20dengan%20Metode%20Eksperimen%20dan%20Diskusi%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Fisika%20Ditinjau%20dari%20Sikap%20Ilmiah%20Siswa%20Kelas%20X%20MIPA%20%20SMA%20N%201%20Mataram.

Dewina, Sindy, Ondi Suganda, Rahma Widiantie. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi Volume 9, Nomor 2 Hal. 46-54. Tersedia Pada : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/748. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.748

Fauziah, Intan, Samsul Maarif, Trisna Roy Pradipta. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Analisa Vol. 4 No. 2 Hal. 90-98. Tersedia Pada : http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index. DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916

Hamruni.(2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif-menyenangkan.Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Handayani, Dian. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII MTS Al-Washliyah Tahun Ajaran 2016/2017. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Harmini, S &Gunawan (2017). Pemecahan masalah matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 2, Hal. 30-42. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075.

Lutvaidah, Ukti.2015. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Vol. 5 No. 3 Hal. 279-285. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.

Sianturi, Aprilita, Tetty Natalia Sipayung, dan Frida Marta Argareta Simorangkir. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 Hal. 29-42. Tersedia Pada : http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/2082. DOI: https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardi U.S., 2016. Aplikasi Statistik dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang Lebih

Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.Susanto, ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang RI No.20 Tahun 2003.

Wardana, M. Yusuf setia dan Ariestika Damayani (2017). “Perspektif Siswa Terhadap Pembelajaran Pecahan Di Sekolah Dasar”. Volume 6 No. 3 September 2017. Universitas PGRI Semarang. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333

Downloads

Published

2019-07-12

How to Cite

Setia Wardana, M. Y., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18380

Issue

Section

Articles