Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir

Authors

  • Kadek Ayu Permana Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v1i1.20329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 198 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan rubrik penilaian, Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama, motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F = 96,531; p < 0,05); kedua, kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F = 26,072; p < 0,05); ketiga, secara simultan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 58,564; p < 0,05).

 

Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran berbasis masalah, motivasi berprestasi

References

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Gulistan, Dkk. 2015. Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. The Malaysian Online Journal of Educational Science 2015 (Volume3 - Issue 3 ). (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1085914.pdf).

Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 16, No.1 (Hlm 88-92)

Provasnik, Stephen., et al., 2012. Highlights From TIMSS 2011 Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth- and Eighth-Grade Students in an International Context. nces.ed.gov/pubs2013/2013009_1.pdf.

Sadia, I. W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol 18, No.2 (Hlm 219-237).

Sudiarta, I G. 2008. Membangun Kompetensi Berpikir Kritis melalui Pendekatan Open Ended. Singaraja: Undiksha.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta.

Suharsimi, A . 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Jaya.

Suarni, N. K. 2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Umum Di Bali Dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Universitas Gadjah Mada: Yoyakarta

Suastra, I. W. 2005. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Rangka Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya Lokal di Sekolah. Disertasi. Tidak diterbitkan

Tan Shin Yen, Siti Hajar Halili. 2015. Effective Teaching Of Higher-Order Thinking (Hot) in Education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, April 2015 Volume 3, Issue 2

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Dewi, K. A. P., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i1.20329

Issue

Section

Articles