Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengontrol Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • N.L.K. Wulan Palatiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.I.N. Marhaeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. Budi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v1i1.20334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah dikontrol dengan kemampuan berpikir kreatif, (3) kontribusi kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan postest only control group design. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan anava, anacova dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional (2) Setelah kemampuan berpikir kreatif dikontrol, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa mengikuti pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPA sebesar 51%.

 

Kata kunci: asesmen portofolio, hasil belajar IPA, kemampuan berpikir kreatif, dan pendekatan saintifik.

 

References

Agung, G. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Singaraja. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja: Singaraja

Candiasa I M.,2010. Statistik Multivariat Disertasi Aplikasi Statistik SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha

Jihad, A & Abdul H..2012. Evaluasi Pembelajaran. Yoyakarta: Multiprasindo

Kurniasih I & Berlin S. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Cetakan ke-2. Jakarta : Kata Pena

Kosasih, N. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Koyan, I W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Majid, A .2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Neka, I.K A.A.I.N Marhaeni, & I.W Suastra. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. http/pasca.undiksha.ac.id/e-journal. Volume 5 tahun 2015. (diakses pada tanggal 04 Juli 2016)

OECD. 2015. PISA 2015 Results: What Student Know and Can Do Student Perfomance in Reading, Mathematics and Science, Vol.1. Tersedia pada http://www.oecd.org (diakses pada 10 Desember 2016)

Rahmawati, N. 2016. Hasil TIMSS 2015 Trend in International Mathematics and Science Study: Diagnosa Hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian. Tersedia pada http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Rahmawati-Seminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf. (diakses pada 11 Desember 2016)

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

-----------. 2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukerti, I.K A.A.I.N. Marhaeni, & N. K Suarni. 2014. Pengaruh Pembelajaran tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara . http/pasca.undiksha.ac.id/e-journal. (diakses pada tanggal 08 Juli 2016)

Suprijono, A.2009. Cooperative Learing Teori dan Aplikasi PAIKEM.Jakarta: Pustaka Belajar

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

-------. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Yus, A.2006. Penilaian Portofolio Untuk Anak Sekolah Dasar.Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Palatiwi, N. W., Marhaeni, A., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengontrol Kemampuan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i1.20334

Issue

Section

Articles