Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA

Ni Pt. Nuristya Dewi, I Ngh Suadnyana, Ni Wyn Suniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV yang dibelajarkan melalui model problem based intruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 212 orang. Teknik penentuan sampel penelitian ini adalah teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada tanpa membuat kelas baru, kemudian dilakukan pengundian penentuan kelompok sampel penelitian. Hasil pengundian diperoleh kelas IV SD Negeri 6 Sumerta sebanyak 37 orang sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IV SD Negeri 9 Sumerta sebanyak 36 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis IPA siswa menggunakan teknik tes, dengan menggunakan tes esai sebanyak 9 butir soal yang sudah divalidasi. Hasil perhitungan rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen adalah 0,094 dengan kategori rendah, sedangkan rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok kontrol adalah 0,063 dikategorikan rendah. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung = 2,384 > ttabel (taraf signifikasi 5% dengan dK =71) = 2,000, berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis IPA kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Sehingga disimpulkan model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk peneliti yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan. 

Kata kunci:  PBI, lingkungan, berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja: Rajawali Pers

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: UniversitasPendidikan Ganesha Press

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.Tangerang: Prenada Media Group

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017b. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.