Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Muhammad Syarif Hidayatullah, Joko Sulianto, Mira Azizah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran matematika dan klasifikasi kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 04 Semester Genap 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika serta klasifikasi kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaian masalah siswa kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 04 Semester Genap 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan  di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran matematika masuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 78%. Sedangkan untuk klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh persentase sebesar 43.75% pada indikator memahami masalah; 26.56% pada indikator berpikir logis; 35.93% pada indikator membuat alasan; 51.56% pada indikator memahami contoh negatif; 71.87% pada indikator berpikir deduksi; 54.68% pada indikator berpikir sistematis; 81.25% pada indikator penalaran berpikir konsisten; 39.93% pada indikator penalaran menarik kesimpulan; 75.00% pada indikator penalaran menentukan metode; dan sebesar 73.43% pada indikator penalaran menentukan strategi.  hal ini menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada aspek tersebut sudah tergolong baik. Secara keseluruhan didapatkan hasil persentase sebesar 55,00% masuk dalam kriteria sedang.

 

Kata Kunci : Pemecahan masalah, penalaran matematis.

 


Full Text:

PDF

References


Amir, Z., dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Azizah, Mira, dkk. 2018. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 35 (1) Hal. 61

Fuadi, Rahmi, dkk. 2016. “Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual”. Jurnal Didakti Matematika. Vol. 3 (1) Hal. 47

Kemendikbud. 2018. Permendikbud No 24 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Muharom, Tria. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya”. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 (1) Hal. 1

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaraya

Prasetyo, Edo Bagus. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atap Dikelas XII-TGB 2 SMK Negeri Kudu”. JKPTB Vol. 2 (2) Hal. 163

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramdani, Yani. 2012. “Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral”. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13 (1) Hal. 45-48

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi Matematis. Makalah pada Diktat Instruktur Pengembangan Matematika Jenjang SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta : PPPG Matematika.

Siti, Aas. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1 ISSN : 2252-8970

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulianto, Joko. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Aspek Penalaran Dan Pemecahan Masalah Pada Materi Segitiga Di Kelas VII”. Jurnal. Vol. 1 (1) Hal. 19

Sumartini, Tina Sri. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 (1) Hal. 1

Suwangsih, Erna & Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Syahlan. 2017. “Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika”. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Vol. 4 (6) Hal. 361

Theresia Nike K, Maria. 2012. “Penalaran Deduktif Dan Induktif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Tingkat IQ”. Jurnal APOTEMA. Vol. 1 (2) Hal. 69-70

Windayana, Husen. Dkk. 2016. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Penggunaan Media Cerita Bergambar Dibandingkan Media Dialog Narasi”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7 (1) Hal. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.