Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Sri Kartika Asih

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih rendah dan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM sebesar 65 serta penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariatif menjadi alasan untuk peneliti melaksanakan penelitian di kelas V SDN 1 Rowosari Gubug.Tujuan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai rata-rata kelas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 1 Rowosari Gubug mencapai 65. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi model pembelajaran RME lebih baik dari sebelum diberi perlakuan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian experimen dengan desain Pre Experimental Design One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Rowosari Gubug tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas V SD Negeri 1 Rowosari Gubug dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen pengumpulan data yang digunakan instumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan, analisis kuantitatif uji t satu pihak kanan.            Hasil perhitungan didapatkan, nilai rata-rata kelas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 1 Rowosari Gubug mencapai KKM 65 dengan dibuktikan dengan rata-rata nilai awal 34,12 menjadi 76,32 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 0% menjadi 88,24%, terdapat peningkatan yang lebih tinggi pada nilai postest daripada nilai pretest. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik dari sebelumnya dengan thitung sebesar 12,358 > ttabel sebesar 1,997. Jadi, model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap pemecahan masalah matematika siswa SD kelas V SD

 

Kata kunci : Keefektifan,RME,pemecahan masalah.


Full Text:

PDF

References


Dyahsih, Dyahsih Alin. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 – Nomor 2, November 2015, (175 - 185)

Athifah, Atik. 2013. Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Tlogosari Kulon 06 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Kosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Fadhlin, Azizah. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Madrasah Tarbiyah Islmaiyah Batu Belah Kecamatan Kampar. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Guskey, dkk., 1983. The Effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate Educations Courses. Journal of Educational Research,vol.76, No. 4, 210-214.

Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 Nomor 2

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Inayah, Nurul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantu Media Papan Pecahan pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Krisdaning. 2013. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Manjung Kabupaten Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kristanti, Ariani. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran RME Berbantu Media Hapiz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SDN Srondol Kulon 01 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Volume 2 Nomer 2.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strkturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosita, Neneng Tita. 2013. Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosding. ISBN 978-979-16353-9-4. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/10731/1/P%20-%208.pdf. Jurnal ini diakses pada tanggal 10 April 2019.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematika realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Juranal Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 9 No. 2 halaman 79-85: http://jurnal.upi.edu/file/9-Evi_Soviawati-edit.pdf. (10 April 2019).

Suandito, Billy. 2017. Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 1, 2017

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2017. Petode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Larning. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Tarigan, Daitin. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani. 2009. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.