Penelusuran Kebiasaan Berpikir (Habits Of Mind) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan ditinjau dari Gaya Kognitif

Authors

  • Didit Aringga FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Ali Shodiqin FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Irkham Ulil Albab FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22666

Abstract

Kebiasaan berpikir merupakan kemampuan berprilaku cerdas yang dibutuhkan siswa untuk menyelesaikan masalah kompleks yang akan menghasilkan paham pemikiran yang baru. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kebiasaan berpikir (Habits Of Mind) siswa SMP N 29 Semarang terkait dengan masalah matematis pada materi bilangan pecahan ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP N 29 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian 31 siswa kelas VII B. Untuk dapat mengetahui tingkat kebiasaan berpikir siswa maka dilakukan penelitian menggunakan angket skala psikologi, pengamatan kedalam kelas, dan pemberian soal tes. Dari hasil penelitian menggunakan triangulasi waktu, yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dan melakukan pengecekan dengan wawancara atau observasi dalam waktu atau situasi yang berbeda. Hasil analisis menunjukan subjek dengan gaya kognititf reflektif mampu memenuhi 14 indikator dari 16 indikator kebiasaan berpikir sehingga masuk dalam kategori memiliki kebiasaan berpikir yang baik. Sedangkan untuk subjek dengan gaya kognitif impulsif hanya mampu memenuhi 6 indikator dari 16 indikator kebiasaan berpikir sehingga masuk dalam kategori memiliki kebiasaa berpikir yang sedang.

 

Kata kunci : habits of mind, berpikir produktif, gaya kognitif.

References

Abdur, R.A., dkk. 2016. Matematika SMP/MTs kelas VII semester 1 edisirevisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Balitbang, S. 2011. Survei Internasional TIMSS. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiman, Hedi, Igfania Esvigi. 2017. Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (MHM) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana Vol VI, No 1, Hal. 32-42. Tersedia Pada: https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/26.

Costa dan Kallick. 2012. Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’. Jakarta: Indeks

Costa, A.L., & Kallick, B. 2008. Learning and Leading with Habits of Mind 16 Essential Characteristics for Students. Whasington DC: Association for Supervision and Curriculum Development

Djamilah Bondan Widjajanti. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY tanggal 5 Desember 2009. Yogyakarta: FMIPA UNY

Ibrahim. 2008 . strategi pembelajaran matematika . Yogyakarta: Sukses Off Set.

Ilma Riksa Isfiani. 2016. Profil Tingkatan Habits Of Mind dan Kecemasan Kognitif dalam Mata Pelajaran Biologi pada Siswa SMA. Biodidaktika, Volume 11 No 2, Hal. 53-65. Tersedia Pada: http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/biodidaktika/article/viewFile/1708/1307.

Marzano, R.J., dkk. 1993. Assessing Students Outcomes: Performance Assessment Using The Dimensions of Learning Model. Alexandria, Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Qadarsih, Nurmala Dewi. 2017. Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits Of Mind) terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal SAP Vol. 2 No. 2 Hal. 181-185. Tersedia Pada: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/2091.

Sriyati, Siti ., Haka, Nukhbatul Bidayati. 2016. Peran Asessmen Kinerja Dalam Meningkatkan Habits Of Mind Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016_ISBN:978-602-0951-11-9,468-469.

Suherman, Erman. dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA – UPI.

Syah, Muhibbin (2010) Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Warli, 2010. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi Tidak Diterbitkan, Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.

Wijaya, Aryadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

How to Cite

Aringga, D., Shodiqin, A., & Albab, I. U. (2019). Penelusuran Kebiasaan Berpikir (Habits Of Mind) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan ditinjau dari Gaya Kognitif. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 121–129. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22666

Issue

Section

Articles