Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif

Authors

  • Ni Made Risa Kusadi Program Studi PIPS Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Sriartha Program Studi PIPS Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Kertih Program Studi PIPS Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Keywords:

Keterampilan sosial, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan sosial dan keterampilan berpikir kreatif siswa, (2) pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan sosial siswa dan (3) pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII dengan sampel kelas VIIIA dan VIIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji-F dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan sosial dan keterampilan berpikir kreatif siswa, (2) ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan sosial siswa, (3) ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Dalam model pembelajaran project-based learning menampilkan semua disposisi intelektual dan sosial yang penting dibutuhkan untuk memecahkan masalah dunia nyata. Dengan mampu menguasai dan mengaplikasikan model pembelajaran tersebut, diharapkan calon pendidik dan pendidik memiliki kemampuan mendesain dan mengorganisasi pembelajaran yang baik, sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang optimal bagi peserta didik dan kepuasan bagi pengajar.

References

Abidin, Y. (2007). Desain System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyana, Y. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081 DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Greene,O,J.,Burleson,R, B. (2003). Handbook of Communication and Socialinteraction skills. Mahwah: Lawrence Erbaum Associates Publishers. DOI: https://doi.org/10.4324/9781410607133

Izzati, N. (2016). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).10.24235/edueksos.v3i1.417

Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 475-479. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6175

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15-21.https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593 DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Marlanti. (2011). Pengaruh model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Tanjungsiang pada Sub Materi Sistem Indera Manusia. E-Jurnal. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/775/4/4_bab1.pdf&ved=2ahUKEwiz3LCaq

Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Gramatika, 1(2), 79634. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234 DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234

Muijs, D. dan Reynolds, D. 2008. Effective Teaching. Yugyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyani, E. (2011). Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705 DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167-1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Piirto, J. (2011). Creativity For 21st Century Skills How To Embed Creativity Into The Curriculum. Rotterdam, Netherlands: Sense Publisher. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-6091-463-8

Pradita, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1), 89–96.

Purwanti, E., Purnomo, E., & Pujiati, P. (2015). Pengembangan Instrumen Keterampilan Sosial Berbasis Observasi Dan Sosiometri Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Studi Sosial, 3(1).

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Journal on Education, 1(2), 271-278.http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/64

Sabirin, F. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Kolaborasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 195-211.http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v5i2.345

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253-263.https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803 DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Subagia, I. W. dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (Jurnal), 4(1).

Sumarmi. (2012). Model-model pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh model project-based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Tampubolon, S. W., & Syahputra, E. (2018) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dengan Think Pair Share di SMP Swasta Imelda Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8797 DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8797

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52.

Wahyuti, S. M. (2015). Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pemahaman Multikultural dalam Bimbingan Konseling. Jurnal ISPI, 2(1), 26–34.

Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66-73. 10.17977/um022v4i22019p066 DOI: https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Issue

Section

Articles