Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Kreatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020

Ni Putu Sri Utami Endang Adi Ningsih, I Gusti Agung Oka Negara

Abstract


berbantuan media kreatif terhadap keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V Gugus IV Mengwi. Eksperimen semu dengan  desain  Non Equivalen  Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi  penelitian  ini  yaitu kelas  V  SD  Gugus  IV  yang berjumlah 248 siswa dan diperoleh sampel pada kelompok eksperimen yaitu 32 siswa kelas V SD No. 3 Lukluk dan pada kelas kontrol 35 siswa kelas V SD No. 1 Lukluk. Rata-rata(X̅) gainskor ternormalisasi  keterampilan berpikir kritis siswa menunjukan  skor  rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok  eksperimen X̅  = 0,329 > rata-rata(X̅) keterampilan berpikir kritis kelompok kontrol  = 0,234. Analisis data menggunakan uji-t dan menggunakan rumus polled varians. Data yang didapat t hitung   = 2,159 > t tabel  = 1,997,  pada  taraf  signifikasi  5%    (dk  =  35+32-2 = 65) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan model Discovery Learning berbantuan media kreatif memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V Gugus IV Mengwi tahun ajaran 2019/2020.

 


References


Adinda, A. 2016. “Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Logaritma . IV

(1):125-138.

Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Malang : Aditya Media

Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dantes,2017.Statistika Nonparametrik. Bali: UNDIKSHA Press.

Fardah, D., K. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Matematika melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano. Vol. 3 No. 2. Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Fitriyah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi. Vol. 9 No.2 Juni 2017 Halaman 108-112.

Hardini, I, & P. D. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi

Inti Media).

L.K.Ahmad. 2011. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta:PT

Prestasi Pustakaraya.

Padmadewi, Ni Nyoman, Dkk. 2017. Pengantar Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks.

Sani, R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanti, dkk.2016. Pengaruh Model Discovery Terhadap Keterampilan Sains dan Hasil

Belajar Siswa Kelas VII Tentang IPA SMP Advend Palu. Jurnal Sains dan Teknologi

Volume 5 No 3.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.