Model Discovery Learning Berbantuan Media Kreatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Ni Putu Sri Utami Endang Adi Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27277

Keywords:

Discovery Learning, Media Kreatif, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning perbantuan media kreatif terhadap keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Berdasarkan observasi pada tanggal 28 Oktober sampai 29 Oktober 2019, informasi yang diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih perlu dioptimalkan. Hal ini dilihat dari Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil, khususnya muatan IPA dari 248 siswa, sebanyak 50,40% nilai siswa dibawah KKM. Faktor-faktor yang menyebabkan nilai siswa belum mencapai KKM diantaranya keterampilan berpikir kritis terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa belum optimal. Eksperimen semu dengan desain Non-Equivalent Control group Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 248 siswa dan diperoleh sampel pada kelompok eksperimen yaitu 32 kelas eksperimen dan pada kelas kontrol 35 siswa kelas V. Analisis data menggunakan uji-t dan menggunakan rumus polled varians. Data yang didapat t hitung = 2,159 > t tabel = 1,997, pada taraf signifikasi 5% (dk = 35+32-2 = 65) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan model Discovery Learning perbantuan media kreatif memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.

Author Biographies

Ni Putu Sri Utami Endang Adi Ningsih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adinda, A. 2016. “Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Logaritma . IV

(1):125-138.

Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Malang : Aditya Media

Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dantes,2017.Statistika Nonparametrik. Bali: UNDIKSHA Press.

Fardah, D., K. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Matematika melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano. Vol. 3 No. 2. Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Fitriyah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi. Vol. 9 No.2 Juni 2017 Halaman 108-112. DOI: https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898

Hardini, I, & P. D. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi

Inti Media).

L.K.Ahmad. 2011. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta:PT

Prestasi Pustakaraya.

Padmadewi, Ni Nyoman, Dkk. 2017. Pengantar Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks.

Sani, R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanti, dkk.2016. Pengaruh Model Discovery Terhadap Keterampilan Sains dan Hasil

Belajar Siswa Kelas VII Tentang IPA SMP Advend Palu. Jurnal Sains dan Teknologi

Volume 5 No 3.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Adi Ningsih, N. P. S. U. E., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Discovery Learning Berbantuan Media Kreatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27277

Issue

Section

Articles