Meta Analisis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30211Keywords:
Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran MatematikaAbstract
Model Problem Based Learning telah banyak digunakan sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun, belum ada penelitian lanjutan yang melakukan verifikasi terhadap efektivitas hasil penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran Matematika khususnya pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis secara analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis kembali artikel dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan dengan sampel sebanyak 20 artikel nasional dan dapat diakses secara online melalui Google Scholar atau Google Cendekia. Hasil dari penelitian meta-analisis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran matematika sekolah dasar dengan presentase terendah 1,16% hingga yang tertinggi 40,35% dengan rata rata 20,70%. Berdasarkan hasil analisis, secara keseluruhan rata-rata pengaruh yang terdapat pada model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 1,21. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika.
References
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 36–44. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2069
Aji, W., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyasl, E. W. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD N Tingkir Tengah 02. Jurnal Basicedu, 3(1), 47–52. https://www.neliti.com/publications/278103/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-dan-keterampilan-proses-siswa-melalui-model-pem DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70
Anggraeni, F. R. K., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1178–1183. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.337 DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925
Arthaningsih, N. K. J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran (1st ed.). Insan Madani.
Handayani, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas V SD pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(1), 15–21. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13904
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713
Kurniasih, I, & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (1st ed.). Kata Pena.
Kurniasih, Imas, & Sani., B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2), 106–112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500 DOI: https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500
Palupi, H. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11400
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.21009/JPD.062.10 DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.062.10
Ramadhani, R., & Utama, U. P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Model Problem Based Learning. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 116–122. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.7300 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.7300
Rusman, R. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(2), 110–116. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602 DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Saputro, B., & Sulasmono, B. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Siswa Kelas V. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 407–416. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/405
Saraswati, D. (2018). اPeningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Sumogawe 02. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 7(April), 1–25.
Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial dan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journa;, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409 DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409
Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601