The Relationship Between Emotional Intelligence and Students Learning Achievement

Authors

  • Enur Rohmah Pascasarjana UIN Sunan Gunung Jati Bandung
  • Mukhlis Mukhlis Pascasarjana UIN Sunan Gunung Jati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.35908

Keywords:

Hubungan, Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar, Siswa MI Bongas IV Cililin Bandung Barat

Abstract

Dalam suatu pembelajaran tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran akan tercermin dari prestasi belajar siswa. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang menentukan prestasi belajar adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini tergolong penelitian expostfacto, dengan populasi penelitian adalah siswa SMP. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling, dengan sampel akhir sebanyak 56 siswa SMP. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pencatatan dokumen prestasi belajar dan metode non tes serta wawancara untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data korelasi Product Moment dari Karl Pearson dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil analisis akan menentukan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,019 < 0,050 yang berarti ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan nilai koefisien product-moment sebesar 0,736 yang berarti ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Kemudian, berdasarkan hasil tersebut, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa.

References

Alfian, M. R., Kaukab, M. E., & Romandhon, R. (2020). Peran Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Mahasiswa Dalam Memahami Ilmu Akuntansi. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–45. Https://Doi.Org/10.32699/Paramurobi.V3i1.1432.

Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The Value Of Peer Mentorship As An Educational Strategy In Nursing. Journal Of Nursing Education, 57(4), 217–224. Https://Doi.Org/10.3928/01484834-20180322-05.

Arifandi, A. S. D. (2018). Alat Penunjang Dalam Prestasi Belajar. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 161–172. Https://Doi.Org/10.36835/Edukais.2018.2.2.161-172.

Ayuningtiyas, C., Fitriana, S., & Dian, M. P. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Dharmas Education Journal, 1(2), 107–113.

Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan Dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal Of Pedagogy, 3(2).

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme Dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. Https://Doi.Org/10.32533/03105.2019.

Hafsah, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Emosi Melalui Story Book (Tk Yaa Bunayya Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal Of Modern Early Childhood Education, 1(01), 25–35.

Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects Of Psychiatric Nursing Simulation On Anxiety And Self-Confidence About Clinical Placement Of Nursing Students. Journal Of The Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. Https://Doi.Org/10.5762/Kais.2015.16.11.7812.

Hastuti, R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stress Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52657/Jik.V8i2.1057.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresif Remaja Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68. Https://Doi.Org/10.29210/3003244000.

Istianah. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51476/Dirasah.V2i2.105.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. Https://Doi.Org/10.33559/Eer.V2i3.628.

Lagili, I. L., Pomalato, S. W. D., & Pakaya, A. R. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Di Sma Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Normalita, 9(1).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V2i2.459.

Minsih, M., & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i1.6144.

Mulia, S. W., & Said, A. (2019). Relationship Of Emotional Maturity With Social Interaction Of Student In Smp N 1 Ranah Batahan Pasaman Barat. Jurnal Neokonseling, 1(4). Https://Doi.Org/10.24036/00158kons2019.

Mulyati, B., & Farkhah, E. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 42–51. Https://Doi.Org/10.47080/Progress.V3i1.773.

Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.

Oh, E. (2019). Research On The Effective Of Peer Instruction And Students’ Involvement. Asia-Pacific Of Multimedia Services Convergent With Art Humanities, And Sociology, 9, 199–208. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35873/Ajmahs.

Rahmadana, J., & Ichsan, I. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Waniambey : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 69–78. Https://Doi.Org/10.53837/Waniambey.V2i2.182.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.886.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. Sikip: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24. Https://Doi.Org/10.52220/Sikip.V1i1.34.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. Https://Doi.Org/10.36671/Andragogi.V1i1.48.

Sarwanto, A., Setyawan, D. A., & Setyaningsih, W. (2019). Study Korelasi Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Hasil Belajar Melalui Orientasi Masa Depan Pada Mahasiswa Politeknik Kesehatan Surakarta Tahun 2017. Jurnal Keterapian Fisik, 4(2), 71–77. Https://Doi.Org/10.37341/Jkf.V4i2.183.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). Https://Doi.Org/10.30870/Jppm.V11i1.2980.

Sitiman, H. La. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal : Kamboti Of Journal Education Research And Development, 4(1), 6.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.359.

Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value Of Peer Learning In Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. In Nursing, 2013(I), 1–10. Https://Doi.Org/10.1155/2013/930901.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Https:// Doi.Org/10.14421/Jga.2020.53-05.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V4i1.927.

Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Uniku (Survei Pada Mahasiswa Semester Ganjil 2017-2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan). Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(2). Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V15i02.1616.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. Https://Doi.Org/10.22437/Gentala.V3i2.6758.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.114.

Umar, M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), 108–139. Https://Doi.Org/10.24239/Msw.V12i1.591.

Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.22373/Psikoislamedia.V5i1.6138.

Wiyono, A., Anggo, M., & Kadir, K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2), 113. Https://Doi.Org/10.36709/Jppm.V6i2.9121.

Yulika, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Sengkang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V8i2.7838.

Downloads

Published

2022-01-02

How to Cite

Rohmah, E., & Mukhlis, M. (2022). The Relationship Between Emotional Intelligence and Students Learning Achievement. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(2), 57–61. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.35908

Issue

Section

Articles