Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Website pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD

Authors

  • Kadek Candra Dwi Puspa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879

Keywords:

Game edukasi, website, IPA

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran yang mengikuti perkembangan era digital dan dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas khususnya pada muatan IPA berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas media pembelajaran game edukasi berbasis website. Pengembangan Media pembelajaran game edukasi berbasis website menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menurut subjek penelitian berturut-turut 97,50% (sangat baik),  100% (sangat baik), 100% (sangat baik), 97,50% (sangat baik) dan 96,94% (sangat baik). Maka disimpulkan media pembelajaran game edukasi berbasis website pada muatan IPA materi sistem pencernaan manusia layak untuk digunakan di kelas V SD. Implikasi penelitian ini memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan pada era digital yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran serta memotivasi siswa untuk belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Author Biography

Kadek Candra Dwi Puspa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepktif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, Guna, & Pudjawan. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 2019. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21669.

Amami Pramuditya, S., Noto, M. S., & Syaefullah, D. (2017). Game Edukasi Rpg Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 77. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1701.

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Metaedukasi, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i1.977.

Amirulloh, T. R. A., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.5355.

Audia, F. A., Zakiah, L., Chandra, N., & Utami, M. (2021). Lectora Inspire Learning Education in Civics Media Based on Character. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 549–556. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.35949.

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212.

Daryanti, & Taufina. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.

Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan dan Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif IKIP Siliwangi, 4(5), 1191–1204. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204.

Gading, I. K. (2020). The Development of Cyber Counseling as a Counseling Service Model for High School Students in the Digital Age. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 301. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.25469.

Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis.

Handayani, N. A. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033.

Hassan, M., Khasanah, A., & Patriyani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Kurniawti, A. (2019). Analisis Efektifitas Multimedia Interaktif Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi Industri 4 . 0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 147–154. https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107438.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pelajaran. Jakarta: Kencana.

Mahadewi, L. P. P., Tegeh, I. M., & Sari, G. A. P. P. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Prakarya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Mimbar Ilmu, 24(2), 194. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258.

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. Retrieved from https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54.

Mulyatun, S., Maemunah, M., & Wahyuni, S. N. (2021). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mobile Menggunakan Construct 2. Jurnal Sisfokom, 10(2), 264–269. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1140.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Nirwanto, B. G., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 275–283. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Nurdyanshah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (Vol. 148). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Umsida Press.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Jejak.

Nurmalita, N., Munzil, & Pratiwi, N. (2020). Pengembangan game edukasi IPA kuartet sebagai media pembelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannyan, 1(53), 290–296. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p290-296.

Oktariyanti, D., Friman, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.

Panjaitan, R. G. P., Titin, & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218.

Refita, M., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Else. Elementary Scholl Education Journal, 2, 30–41. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma, XXI(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v20i2.

Rosnihayati. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(September), 306–313. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4110.

Sobiruddin, D., Dwirahayu, G., & Kustiawati, D. (2019). Pengembangan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif Bagi Guru dan Siswa Raudhathul Athfal (RA). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 8–18. https://doi.org/10.17977/um039v4i12019p008.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudarma, I., Tegeh, & Prabawa. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarsono, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(08).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, (9), 22–34.

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelittian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widari, L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 364–373. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835.

Wulandari1, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3043. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1205.

Yuhefizar, & Hidayat, M. R. (2009). Cara Mudah Membangun Website Interaktif menggunakan Content Management Sistem (CMS). Jakarta: PT. Alex Media Koputindo.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Dwi Puspa, K. C., & Ni Wayan Suniasih. (2022). Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Website pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879

Issue

Section

Articles