Analisis Pembelajaran PTM di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Al Furqon Kelas Tiga
Keywords:
Pengaruh, Pembeajaran New Normal, Hasil Belajar SiswaAbstract
Pandemi covid-19 ini sangat berdampak bagi seluruh dunia terutama di Indonesia khususnya dari segi pendidikan. karena virus corona yang mudah sekali menyebar sehingga pemerintah memberlakukan pembelajaran di rumah melalui jaringan. Sehingga pembelajaran di sekolah mengalami berbagai problmetaika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Ptm Di Masa New normal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MI Al Furqon Srowo Sidayu Gresik Tahun Ajaran 2021/2022. Serta untuk mengetahui apa saja kendala dan hambatan yang dirasakan guru maupun murid ketika melakukan kegiatan belajar mengajar via daring selama masa pandemic covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas 3 MI karena mereka masih banyak yang belum menguasai penggunaan internet dan android, kemudian juga masih banyak dari mereka yang belum memiliki fasilitas gadget pribadi yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif dimana sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden yang sudah dipilih oleh peneliti. Peneliti akan melakukan wawancara pada guru MI Al Furqon Srowo Sidayu Gresik, melakukan observasi lapangan secara langsung dan mengumpulkan dokumen dokumen penting yang mampu menunjang penelitian.
References
Putria dkk, (2020), Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar.
Onde dkk, (2021), Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.
Suryani dkk, (2022), Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal.
Ubaidila dkk, (2020), Program Kemandirian Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat.
Nur, (2021), Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Website Elerning Madrasa Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA MAN 2 kota Palu.
Jalal, (2020), Kecemasan Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (student Anxiety In Mathematics Subjects).
Sugiyanto dkk, (2021), Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MI Al-Mursyid Citeureup.
Setiawan dkk, (2020), Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.
Fatmala dkk, (2021), Sosialisasi dan Penguatan Edukasi pada Siswa Terkait Penerapan Protokol Kesehatan di SDN 1 Masiri, Demi Terciptanya Situasi Kondusif di Era New Normal.
Febrini dkk, (2021), Improving Student Cognitive Learning Outcomes Through Thde Development of Interaktive Multimedia-based Biology Learning at Muhammdiyah University.
Kusumawati, (2018), Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan1 Kabupaten Ponorogo.
Riyanto dkk, (2021), Hubungan Penggunaan Media Visual Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI.
Sugito, (2021), Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru.
Sarasati dkk, (2021), Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif pada Mahasiswa.
Islamiyah dkk, (2020), Penerapan Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi COVID-19.
Erita dkk, (2021), Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKN di Sekolah Dasar.
Ramli, (2022), Peningkatan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Tentang Perbedaan Iklim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk di Kelas IV SDN 015/X Kuala Lagan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022.
Dimyati, (2021), Penerapan Elerning Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Mas Pandemi COVID-19.
Muzaqi dkk, (2020), Penerapan Blendended Learning Dalam Rangka Mempersiapkan Sekolah Dan Masyarakat Untuk Tatanan Kehidupan Baru.
Prastowo dkk, (2021), Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting di Sekolah Dasar.
Firyal, R. A. (N.D.). Pembelajaran Daring Dan Kebijakan New Normal Pemerintah.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring ( Program BDR ) Selama Pandemi Covid-19 Di Provinsi Jawa Barat. 6(September), 86–95.
Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada. 5.
Ridwan, A. E., & Brameld, T. (2014). Pendidikan Ips Dalam Membentuk Sdm Beradab. 23(1), 27–35.
Suwendra, D. I. W., Pd, S., & Pd, M. (2018). Penelitian Kualitatif.
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.