Analisis Pembelajaran PTM di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Al Furqon Kelas Tiga

Penulis

  • Fadiyah Nur Diyana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmupendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmupendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmupendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50675

Kata Kunci:

Pengaruh, Pembeajaran New Normal, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Pandemi covid-19 ini sangat berdampak bagi seluruh dunia terutama di Indonesia khususnya dari segi pendidikan. karena virus corona yang mudah sekali menyebar sehingga pemerintah memberlakukan pembelajaran di rumah melalui jaringan. Sehingga pembelajaran di sekolah mengalami berbagai problmetaika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Ptm Di Masa New normal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MI Al Furqon Srowo Sidayu Gresik Tahun Ajaran 2021/2022. Serta untuk mengetahui apa saja kendala dan hambatan yang dirasakan guru maupun murid ketika melakukan kegiatan belajar mengajar via daring selama masa pandemic covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas 3 MI karena mereka masih banyak yang belum menguasai penggunaan internet dan android, kemudian juga masih banyak dari mereka yang belum memiliki fasilitas gadget pribadi yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif dimana sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden yang sudah dipilih oleh peneliti. Peneliti akan melakukan wawancara pada guru MI Al Furqon  Srowo Sidayu Gresik, melakukan observasi lapangan secara langsung dan mengumpulkan dokumen dokumen penting yang mampu menunjang penelitian.

Referensi

Alfansuri, F. N., Aini, R. Q., Nurkapid, M., & Wulandari, A. T. (2021). Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Dan Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Akibat Pembelajaran Daring. Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 345–362. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/4130.

Ali, R. (2017). Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa Sdit Bunayya Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 179–186. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/84.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Apriawal, J. (2022). Resiliensi pada karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan, 1(1), 27–38. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKONTAN/article/view/330.

Arif, M. (2018). Supply Chain Management.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175–185. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fajriyah, F. M., & Putri, N. A. A. (2021). Guruku Pahlawan Dikala Pandemi Covid-19. In Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Fakhriyani, D. V., Sa’Idah, I., & Annajih, M. Z. (2021). Pendekatan REBT Melalui Cyber Counseling untuk Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 56–70. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8463. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8463

Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1438

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemi covid 19-new normal. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97–116. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/6915. DOI: https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.6915

Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(2), 91–97. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1974. DOI: https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1974

Hermawan, A. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran menurut al-ghazali. Qathrunâ, 1(1), 84–98. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/247.

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1.219.

Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian.

Mangolo, P., Tuerah, I. J. C., & Usoh, E. J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Wunong of Educational Research, 1(2), 18–23. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/wunong/article/view/4857.

Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.141. DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.141

Mubarok, R. R. S. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1251–1262. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021

Mubarok, Y., & Hidayat, D. (2014). Analisis Deskriptif Program MQTV Sebagai Media Dakwah. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 1(2), 34–88. https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.217

Mughniyah, M. J. (2015). Fiqih Lima Mazhab: Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali.

Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring ( Program BDR ) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. 6(September), 86–95. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869

Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada. 5.

Nurmawati, N. (2021). Model Discovery Learning pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX-2 SMPN 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8424–8432. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2344.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pratama, M. F. (2022). Efektivitas Pemandu Wisata dalam Memandu Wisatawan di Rumah Atsiri Indonesia.

Putra, I. B. E. D., & Marajaya, I. M. (2021). Aspek Tatwa, Susila, dan Upacara dalam Menanggap Wayang Kulit Bali di Desa Kukuh Tabanan. Jurnal Damai Pedalangan, 1(1). https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/damar/article/view/692.

Ridwan, A. E., & Brameld, T. (2014). Pendidikan ips dalam membentuk sdm beradab. 23(1), 27–35. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach.

Sari, N., Hasbullah, H., & Khairiah, K. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Ritual Pengobatan Mambang Deo-Deo Di Desa Pasir Limau Kapas Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Hilir. Journal of Humanities Issues, 1(1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jhi/article/view/18354.

Septianingsih, M. (. (2021). Pembelajaran Langsung pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-4 SMPN 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8407–8415. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2342.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Sumenep, S. P. (2020). Guru profesional di era new normal : Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. 10(September), 238–247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420.

Widiansyah, A. (2019). Pengendalian mutu: Implementasi manajemen sumber daya manusia, optimalisasi fungsi pengendalian dalam dunia pendidikan. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 19(1), 21–26. https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4916. DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5893

Diterbitkan

2023-01-14

Cara Mengutip

Diyana, F. N., Badruli Martati, & Fajar Setiawan. (2023). Analisis Pembelajaran PTM di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Al Furqon Kelas Tiga. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 39–46. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50675

Terbitan

Bagian

Articles