Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Fadiyah Nur Diyana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmupendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmupendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmupendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50675

Keywords:

Pembelajaran tatap muka, new normal, hasil belajar siswa

Abstract

Seiring dengan menurunnya kasus covid-19, pembelajaran tatap muka mulai dilaksanakan kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa new normal terhadap hasil belajar siswa. Selain itu penelitian ini mengeksplorasi kendala dan hambatan yang dirasakan guru maupun murid ketika melakukan kegiatan belajar mengajar via daring selama masa pandemic covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas 3 MI karena mereka masih banyak yang belum menguasai penggunaan internet dan android, kemudian juga masih banyak dari mereka yang belum memiliki fasilitas gadget pribadi yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif dimana sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden yang sudah dipilih oleh peneliti. Peneliti melakukan wawancara pada guru, melakukan observasi lapangan secara langsung dan mengumpulkan dokumen dokumen penting yang mampu menunjang penelitian. Berdasarkan penelitian, diperoleh informasi bahwa pelaksanaan PTM terbatas di era New Normal terlaksana sesuai dengan panduan pelaksanaan PTM selama masa pandemi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pelaksanaan PTM terbatas di masa New Normal ini dilakukan dengan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang cukup terarah, dan rutin melakukan evaluasi kegiaatan PTM dengan meminimalisir hambatan yang dialami selama kegiatan PTM terbatas berlangsung. Hasil belajar yang sebelumnya mengalami penurunan dikarenakan Covid-19 pada PTM terbatas di era New Normal sudah mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat karena tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan terlaksanakan dengan baik

References

Alfansuri, F. N., Aini, R. Q., Nurkapid, M., & Wulandari, A. T. (2021). Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Dan Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Akibat Pembelajaran Daring. Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 345–362. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/4130.

Ali, R. (2017). Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa Sdit Bunayya Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 179–186. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/84.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Apriawal, J. (2022). Resiliensi pada karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan, 1(1), 27–38. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKONTAN/article/view/330.

Arif, M. (2018). Supply Chain Management.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175–185. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fajriyah, F. M., & Putri, N. A. A. (2021). Guruku Pahlawan Dikala Pandemi Covid-19. In Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Fakhriyani, D. V., Sa’Idah, I., & Annajih, M. Z. (2021). Pendekatan REBT Melalui Cyber Counseling untuk Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 56–70. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8463. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8463

Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1438

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemi covid 19-new normal. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97–116. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/6915. DOI: https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.6915

Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(2), 91–97. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1974. DOI: https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1974

Hermawan, A. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran menurut al-ghazali. Qathrunâ, 1(1), 84–98. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/247.

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1.219.

Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian.

Mangolo, P., Tuerah, I. J. C., & Usoh, E. J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Wunong of Educational Research, 1(2), 18–23. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/wunong/article/view/4857.

Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.141. DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.141

Mubarok, R. R. S. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1251–1262. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021

Mubarok, Y., & Hidayat, D. (2014). Analisis Deskriptif Program MQTV Sebagai Media Dakwah. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 1(2), 34–88. https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.217

Mughniyah, M. J. (2015). Fiqih Lima Mazhab: Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali.

Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring ( Program BDR ) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. 6(September), 86–95. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869

Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada. 5.

Nurmawati, N. (2021). Model Discovery Learning pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX-2 SMPN 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8424–8432. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2344.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pratama, M. F. (2022). Efektivitas Pemandu Wisata dalam Memandu Wisatawan di Rumah Atsiri Indonesia.

Putra, I. B. E. D., & Marajaya, I. M. (2021). Aspek Tatwa, Susila, dan Upacara dalam Menanggap Wayang Kulit Bali di Desa Kukuh Tabanan. Jurnal Damai Pedalangan, 1(1). https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/damar/article/view/692.

Ridwan, A. E., & Brameld, T. (2014). Pendidikan ips dalam membentuk sdm beradab. 23(1), 27–35. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach.

Sari, N., Hasbullah, H., & Khairiah, K. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Ritual Pengobatan Mambang Deo-Deo Di Desa Pasir Limau Kapas Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Hilir. Journal of Humanities Issues, 1(1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jhi/article/view/18354.

Septianingsih, M. (. (2021). Pembelajaran Langsung pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-4 SMPN 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8407–8415. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2342.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Sumenep, S. P. (2020). Guru profesional di era new normal : Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. 10(September), 238–247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420.

Widiansyah, A. (2019). Pengendalian mutu: Implementasi manajemen sumber daya manusia, optimalisasi fungsi pengendalian dalam dunia pendidikan. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 19(1), 21–26. https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4916. DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5893

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Diyana, F. N., Badruli Martati, & Fajar Setiawan. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 39–46. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50675

Issue

Section

Articles