Pengembangan Media Pubadjo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD Kelas IV

Authors

  • Else Qonaah Sonida Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Himmatul Ulya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Ika Oktavianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Keywords:

Media Pubadjo, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan pembelajaran matematika, adapun permasalahan yang ada di SD tersebut antara lain ditemukan sekolah tidak menyediakan media pembelajaran matematika, guru belum pernah membuat media pembelajaran yang menjelaskan tentang materi pembelajaran matematika terkait materi bangun datar, kesulitan siswa dalam memahami rumus serta mengerjakan soal materi luas dan keliling bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media, mengetahui kelayakan media dan mengetahui kepraktisan media media Pubadjo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV. Konsep pengembangan model mengacu pada model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu model pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini akan dilaksanakan di SDN 3 Wates Undaan dengan sampel 6 siswa. Penelitian ini dilakukan sampai dengan tahap ke 6 langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan produk awal 4) uji lapangan awal 5) revisi utama 6) uji lapangan utama. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis validasi kelayakan media dan kepraktisan media pubadjo. Hasil penelitin menunjukan pengembangan media terbuat dari kayu triplek yang dipotong dengan bingkai yang berbentuk persegi panjang, yang didalam nya terdapat potongn-totongan triplek yang dibentuk seperti bangun datar. Kepingan-kepingan puzzle tersebut memiliki gambar dan warta pada masing-masing bagian yang dimana gambar tersebut terbuat dari bahan stiker. Media pubadjo memiliki kriteria kelayakan oleh alhi materi sebesar 89% dan ahli media sebesar 80%.  Bardasarkan hasil perhitungan media pubadjo dikatakan praktis dengan hasil penilaian guru sebesar 75% dan siswa sebesar 83%.

References

Indrawati, D. (2019). Pengembangan Media Puzzle Motif Nusantara (Montara) Dalam Pembelajaran Bangun Datar Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5).

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127-133.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di Sd. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55-68.

Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 10-17.

Sugiono.(2016) . Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Enha, H. N. (2015). Pengembangan Media Puzzle Pada Konsep Pengukuran Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas Iv Mi Al Mufidah Wongsorejo Banyuwangi .Skripsi. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Published

2023-06-22

How to Cite

Else Qonaah Sonida, Himmatul Ulya, & Ika Oktavianti. (2023). Pengembangan Media Pubadjo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD Kelas IV . Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/51842

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)