Media Pubadjo Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sd Kelas IV

Authors

  • Else Qonaah Sonida Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Himmatul Ulya Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Ika Oktavianti Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Keywords:

Media Pubadjo, Pemahaman Konsep, Matematis

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami rumus serta mengerjakan soal materi luas dan keliling bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah pengembangan media, mengetahui kelayakan media dan mengetahui kepraktisan media media Pubadjo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV. Konsep pengembangan model mengacu pada model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu model pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini akan dengan sampel 6 siswa. Penelitian ini dilakukan sampai dengan tahap ke 6 langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan produk awal 4) uji lapangan awal 5) revisi utama 6) uji lapangan utama. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis validasi kelayakan media dan kepraktisan media pubadjo. Hasil penelitin menunjukan pengembangan media terbuat dari kayu triplek yang dipotong dengan bingkai yang berbentuk persegi panjang, yang didalam nya terdapat potongn-totongan triplek yang dibentuk seperti bangun datar. Kepingan-kepingan puzzle tersebut memiliki gambar dan warta pada masing-masing bagian yang dimana gambar tersebut terbuat dari bahan stiker.

Published

2023-06-22

How to Cite

Else Qonaah Sonida, Himmatul Ulya, & Ika Oktavianti. (2023). Media Pubadjo Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sd Kelas IV . Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/51842

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)