Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Lia Aristiana Sari Universitas PGRI Semarang
  • Agnita Siska Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dina Prasetyowati Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Rafika Nuriafuri Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Kesulitan, Membaca Permulaan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek yang berjumlah 3 peserta didik. Informan dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Metode penelitian menggunakan teknik Triangulasi data. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis non-statistik. Seluruh peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah sebanyak 28 peserta didik, terdapat 3 peserta didik yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi peserta didik dalam membaca permulaan disebabkan oleh sulitnya siswa dalam mengingat huruf, faktor penyebab kesulitan membaca berasal dari faktor internal berupa minat serta faktor eksternal yakni dukungan dari orangtua. Karakteristik kesulitan membacapermulaan peserta didik yaitu: kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, membaca kata dan suku kata, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, mengeja terbata-bata dan sulit konsentrasi.

References

Anonim. 2015. Pelatihan Penyegaran EGRA bagi Asesor. Jakarta. USAID PRIORITAS

Aprilia, Ulfiatul Inka. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 5. No. 2. n.d.

Asratul Hasanah, Mai Sri Lena. (2021). "Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No. 5

Farida, Rahim. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Hapsari, Estuning Dewi. (2019). "Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa." Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 20. No.1

Lestari, N. R. (2020). analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. jurnal konferensi ilmiah Dasar.

Nurani, Riga Zahara.dkk. (2021). "Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu. Vol. 5. No. 3

Rafika, Nurma.dkk. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal konferensi Ilmiah Dasar. Vol. 2.

Nurma Rafika, M. K. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal konferensi Ilmiah Dasar. Vol. 2.

Pratiwi Wulandari. Nurhaedah, S. R. (2022). Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Siswa Sekolah . Journal Of Education.

Riga Zahara Nurani, F. N. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Rizkiana. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa pada Kelas 1 SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. jurnal Basic Education.

Sb, N. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN . Jurnal Primary . Vol.4. No.1

Published

2023-06-22

How to Cite

Aristiana Sari, L., Agnita Siska, Dina Prasetyowati, & Rafika Nuriafuri. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar . Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/60567

Issue

Section

Articles