Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Lia Aristiana Sari Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Agnita Siska Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Rafika Nuriafuri Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.60567

Keywords:

Kesulitan Membaca Permulaan, Faktor Internal, Faktor Eksternal

Abstract

Saat ini, banyak peserta didik mengalami kesulitan membaca permulaan, yang dapat menghambat proses belajar mereka. Kesulitan ini sering disebabkan oleh faktor internal seperti kemampuan fisik dan psikologis, serta faktor eksternal seperti lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas III di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 28 orang peserta didik kelas III. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi dalam membaca permulaan disebabkan oleh sulitnya siswa dalam mengingat huruf. Faktor penyebab kesulitan membaca berasal dari faktor internal berupa minat dan faktor eksternal berupa dukungan dari orangtua. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesulitan membaca permulaan masih menjadi masalah yang signifikan di kalangan peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Dari 28 peserta didik yang menjadi subjek penelitian, 3 di antaranya mengalami kesulitan membaca. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan yang lebih personal dan sistematis dalam mengatasi kesulitan membaca pada peserta didik, dengan melibatkan dukungan yang lebih besar dari keluarga dan lingkungan sekolah.

References

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773.

Andalas, E. F., Sabilah, F., Wicaksono, B. H., Anggraini, P., Setiawan, A., Cahyono, H., Effendi, M., Restian, A., & others. (2020). Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.co.id/books?id=3bfwDwAAQBAJ.

Arnisyah, S., Syafutri, H. D., & Lastaria, L. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4491.

Azkiya, N. ; S. R. (2023). Startegi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 125–136. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266.

Bachrudin, A. A., & Kasriman, K. (2022). Analisis Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Multikultural pada Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4505–4516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2858.

Cahya, D. P., & Sari, Y. (2023). Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6692.

Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(01), 56–70. https://doi.org/10.53977/ps.v1i01.352.

Gisela, G., Hermansyah, & Jayanti. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca. Irje: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 915–925. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.337.

Hartini, B. H. D., Intiana, S. R. H., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 786–795. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2866.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526.

Hidayah, M., & Musaljon. (2021). Perkembangan Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Anak di Kampung Cibungbulang dalam Program KKN Pendidikan. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan …, 11(1), 37–50. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/101%0Ahttps://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/download/101/59.

Khoirunnisa, S., Fathurohman, I., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Pada Instrumen EGRA (Early Grade Reading Assessment). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2336–2349. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3662.

Kurniati, A., Mulyadi, Y. B., & Sari, I. P. (2020). Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 141–148. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i2.848.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.

Lestari, P. D. (2023). Miskonsepsi Baca Tulis Hitung (Calistung) pada Jenjang PAUD (Misconceptions of Reading, Writing and Counting (Calistung) at the Early Childhood Education Level). Journal Of Early Childhood Education And Research, 4(1), 1. https://doi.org/10.19184/jecer.v4i1.39404.

Mai Sri Lena, M. S. L., Sartono, S., Wulan Mulyani, W. M., & Salsabila, A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(2), 60–73. https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i2.10.

Mufidatul Helwah, D., Arisati, K., & Mufidah, N. Z. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354.

Mustika, C. N., Rakhman, P. A., & Kata, P. S. (2023). Penggunaan Media Papan Susun Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Di Sd Negeri Banjarsari 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3397–3404. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21594.

Nenny Mahyuddin, M. P., & Rosidah, Z. (2023). Permainan Board Game Berbasis Neurosains Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Z. Rosidah (ed.)). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=BUGxEAAAQBAJ.

Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 265–276. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.246.

Prayogo, A. F. J., & Citrawati, T. (2024). Analisis Bentuk Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2510–2520. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6021.

Putri, R., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1181–1189. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2716.

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979.

Rimadhani, A., & Kristin, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Syllabic Methode di Sekolah Dasar. Janacitta, 7(1), 29–37. https://doi.org/10.35473/jnct.v7i1.2607.

Rini, W., & Pagiyanten, N. (2021). Analysis of The Causes of Reading Difficulty Beginning for Students of Class 1 Elementary School. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 4(5), 1472–1478. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66221.

Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946.

Saputra, J., & Noviyanti, S. (2022). Analisis kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 01(1), 11–33. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19615.

Sibuea, P., Lusianti, E. F., Aprilia, S. P., Ilmanun, L., Dalimunthe, W. V. P., & Adelia, T. (2023). Konsep Program Remedial dan Pengayaan Sebagai Upaya Tindak Lanjut Evalusi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31993–32000. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12225.

Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580.

Sumbawati, Y., Tahir, M., & Sudirman, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 1 Penujak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1817–1822. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.846.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Aristiana Sari, L., Agnita Siska, Dina Prasetyowati, & Rafika Nuriafuri. (2023). Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.60567

Issue

Section

Articles