Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.60567Kata Kunci:
Kesulitan, Membaca Permulaan, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek yang berjumlah 3 peserta didik. Informan dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Metode penelitian menggunakan teknik Triangulasi data. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis non-statistik. Seluruh peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah sebanyak 28 peserta didik, terdapat 3 peserta didik yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi peserta didik dalam membaca permulaan disebabkan oleh sulitnya siswa dalam mengingat huruf, faktor penyebab kesulitan membaca berasal dari faktor internal berupa minat serta faktor eksternal yakni dukungan dari orangtua. Karakteristik kesulitan membacapermulaan peserta didik yaitu: kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, membaca kata dan suku kata, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, mengeja terbata-bata dan sulit konsentrasi.
Referensi
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773.
Andalas, E. F., Sabilah, F., Wicaksono, B. H., Anggraini, P., Setiawan, A., Cahyono, H., Effendi, M., Restian, A., & others. (2020). Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.co.id/books?id=3bfwDwAAQBAJ.
Arnisyah, S., Syafutri, H. D., & Lastaria, L. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4491.
Azkiya, N. ; S. R. (2023). Startegi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 125–136. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266.
Bachrudin, A. A., & Kasriman, K. (2022). Analisis Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Multikultural pada Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4505–4516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2858.
Cahya, D. P., & Sari, Y. (2023). Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6692.
Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(01), 56–70. https://doi.org/10.53977/ps.v1i01.352.
Gisela, G., Hermansyah, & Jayanti. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca. Irje: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 915–925. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.337.
Hartini, B. H. D., Intiana, S. R. H., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 786–795. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2866.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526.
Hidayah, M., & Musaljon. (2021). Perkembangan Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Anak di Kampung Cibungbulang dalam Program KKN Pendidikan. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan …, 11(1), 37–50. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/101%0Ahttps://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/download/101/59.
Khoirunnisa, S., Fathurohman, I., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Pada Instrumen EGRA (Early Grade Reading Assessment). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2336–2349. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3662.
Kurniati, A., Mulyadi, Y. B., & Sari, I. P. (2020). Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 141–148. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i2.848.
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.
Lestari, P. D. (2023). Miskonsepsi Baca Tulis Hitung (Calistung) pada Jenjang PAUD (Misconceptions of Reading, Writing and Counting (Calistung) at the Early Childhood Education Level). Journal Of Early Childhood Education And Research, 4(1), 1. https://doi.org/10.19184/jecer.v4i1.39404.
Mai Sri Lena, M. S. L., Sartono, S., Wulan Mulyani, W. M., & Salsabila, A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(2), 60–73. https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i2.10.
Mufidatul Helwah, D., Arisati, K., & Mufidah, N. Z. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354.
Mustika, C. N., Rakhman, P. A., & Kata, P. S. (2023). Penggunaan Media Papan Susun Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Di Sd Negeri Banjarsari 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3397–3404. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21594.
Nenny Mahyuddin, M. P., & Rosidah, Z. (2023). Permainan Board Game Berbasis Neurosains Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Z. Rosidah (ed.)). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=BUGxEAAAQBAJ.
Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 265–276. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.246.
Prayogo, A. F. J., & Citrawati, T. (2024). Analisis Bentuk Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2510–2520. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6021.
Putri, R., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1181–1189. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2716.
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979.
Rimadhani, A., & Kristin, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Melalui Syllabic Methode di Sekolah Dasar. Janacitta, 7(1), 29–37. https://doi.org/10.35473/jnct.v7i1.2607.
Rini, W., & Pagiyanten, N. (2021). Analysis of The Causes of Reading Difficulty Beginning for Students of Class 1 Elementary School. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 4(5), 1472–1478. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66221.
Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946.
Saputra, J., & Noviyanti, S. (2022). Analisis kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 01(1), 11–33. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19615.
Sibuea, P., Lusianti, E. F., Aprilia, S. P., Ilmanun, L., Dalimunthe, W. V. P., & Adelia, T. (2023). Konsep Program Remedial dan Pengayaan Sebagai Upaya Tindak Lanjut Evalusi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31993–32000. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12225.
Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580.
Sumbawati, Y., Tahir, M., & Sudirman, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 1 Penujak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1817–1822. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.846.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.