Pelaksanaan Implementasi Lesson Study di Kelas 7

Penulis

  • Jovita Tosi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • K. Adji Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. G. Budasi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.40414

Kata Kunci:

Lesson Study, Peningkatan, Pembelajaran

Abstrak

Lesson study merupakan pembinaan profesi melalui pengkajian pembelajaran yang dilakukan secara kolegial kolaboratif dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Hasil akhir yang diharapkan dalam pembelajaran adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan soft skills dan hard skills peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kendala yang sering muncul dalam pembelajaran adalah masih rendahnya minat belajar siswa dan kurang tertarik dalam suatu proses pembelajaran dan juga seringkali guru tidak peka atau tidak mengetahui kendala yang dihadapi oleh anak murid secara spesifik sehingga perlu adanya metode analisis kasus pada praktek pembelajaran untuk mengetahui masalah-masalah dalam pembelajaran dan mencari solusi untuk memperbaikinya. Melalui Lesson study, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif, Fkreatif, mandiri sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik & psikologis peserta didik. Oleh karena itu,  Penulis memutuskan untuk

Biografi Penulis

Jovita Tosi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

K. Adji, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

I. G. Budasi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Referensi

Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), p. 23. doi: 10.30868/ei.v7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Conference Primary Education Research Pivotal Literature and Research UNNES 2018 (IC PEOPLE UNNES 2018). Atlantis Press.

Mardianis, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Lesson Study Melalui Workshop Di SD Negeri 02 Ampalu Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Miharja, F. J., Hindun, I., Wahyono, P., Nurwidodo, N., & Susetyarini, E. (2017). Lesson Study Based Practical Development for Prospective Teachers in Higher Education.

Pemerintah, P., & No, R. I. (19). Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Setijawati, U. (2019, February). Lesson Study Based Learning Can Develop Conservation Characters, Activities, And Learning Outcomes. In International DOI: https://doi.org/10.2991/icpeopleunnes-18.2019.26

Subadi, T., & Hidayati, E. F. (2013). Lesson Study sebagai inovasi pendidikan.

Diterbitkan

2021-09-07

Cara Mengutip

Tosi, J., Adji, K., & Budasi, I. G. (2021). Pelaksanaan Implementasi Lesson Study di Kelas 7. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2), 58–63. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.40414

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama