The PROFIL GROWTH MINDSET GURU SEKOLAH PENGGERAK DI KABUPATEN BADUNG DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Kata Kunci:
mindset, guru sekolah penggerak, guru sekolah dasar, growth mindset, gender, jenis kelaminAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil growth mindset guru sekolah penggerak di kabupaten badung ditinjau dari jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik deskriptif. Subjek penelitian melibatkan 24 orang guru, di antaranya 12 guru berjenis kelamin laki-laki dan 12 guru berjenis kelamin perempuan, dari enam (6) SD Penggerak angkatan 1 dan 2 di Kabupaten Badung. Data dikumpulkan menggunakan instrumen "Mindset Questionnaire" oleh Dweck, dengan skala Likert untuk mengidentifikasi pola pikir guru berdasarkan jenis kelamin. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik guru perempuan maupun laki-laki di sekolah penggerak cenderung mengadopsi pola pikir bertumbuh. Meskipun demikian, terdapat perbedaan dalam intensitas pola pikir bertumbuh antara kedua jenis kelamin. Guru perempuan menunjukkan tingkat intensitas pola pikir bertumbuh yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan guru laki-laki. Temuan ini memberikan wawasan yang mendalam tentang profil growth mindset guru sekolah penggerak Kabupaten Badung jika ditinjau dari jenis kelamin, yang dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi pengembangan diri dan pelatihan yang lebih terfokus.
Referensi
Cahyani, K., & Dewi, D. A. (2016). Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter peserta didik agar menciptakan siswa yang berkualitas. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(3), 7.
De Kraker-Pauw, E., Van Wesel, F., Krabbendam, L., & Van Atteveldt, N. (2017). Teacher mindsets concerning the malleability of intelligence and the appraisal of achievement in the context of feedback. Frontiers in Psychology, 8(SEP). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01594
Efriyanti, V. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Di Smp Negeri 02 Rambipuji Kabupaten Jember. Uinkhas.
He, J., Iskhar, S., Yang, Y., & Aisuluu, M. (2023). Exploring the relationship between teacher growth mindset, grit, mindfulness, and EFL teachers’ well-being. Frontiers in Psychology, 14(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1241335
Jumriani, J., Rahayu, R., Abbas, E. W., Mutiani, M., Handy, M. R. N., & Subiyakto, B. (2021). Kontribusi Mata Pelajaran IPS untuk Penguatan Sikap Sosial pada Anak Tunagrahita. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4651–4658. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1536
Juwariah, N. dkk. (2015). Pola Pikir ( Mindset ) Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.3, 3(4), 418–427.
Mas’udah, I. (2019). Pengaruh Growth Mindset Terhadap Grit Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi.
Priardana, & Sunarsi, D. (2004). Metode Penelitian Kuantitaif (Issue 1).
Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447
Putri, N. A., & Wilman, A. T. (2023a). Perbandingan Antara Growth Mindset Dan Fixed. 04(01), 58–67.
Putri, N. A., & Wilman, A. T. (2023b). Perbandingan antara Growth Mindset dan Fixed Mindset. 04(01), 58–67.
Rissanen, I., Laine, S., Puusepp, I., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2021). Implementing and Evaluating Growth Mindset Pedagogy – A Study of Finnish Elementary School Teachers. Frontiers in Education, 6(September), 1–14. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.753698
Ronkainen, R., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2019). Growth mindset in teaching: A case study of a Finnish elementary school teacher. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 141–154. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.9
Rosalin, E. (2008). Guru dalam meningkatkan daya pikir siswa. Manajemen Pendidikan UNY, 1(1), 1–16.
Rosyid, A. (2021). Profil Mindset Calon Guru SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 466–472. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1320
Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah dalam kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Sigmundsson, H. (2021). Passion, grit and mindset in the ages 14 to 77: Exploring relationship and gender differences. New Ideas in Psychology, 60(May 2020), 100815. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2020.100815
Sugiarto, Sri, Adnan, Erma Suryani, Nining Andriani, J. K. (2022). Penguatan growth mindset guru dalam persiapan implementasi kurikulum merdeka. JurnalPengabdianKepada Masyarakat, 2(1), 75–78.
Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Teacher Quality in Improving the Quality of Education in Indonesia. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 292–298.
Tabroni. (2013). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6(5), 54–67.
Tangga Daga, A. (2022). Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary Scholl Educarion Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24.
Wahyudi, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Wibowo, C. H. (2015). PROBLEMATIKA PROFESI GURU DAN SOLUSINYA BAGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTs. NEGERI NGUNTORONADI KABUPATEN WONOGIRI. Media.Neliti.Com, 25.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.