Pelatihan Kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematic Eduation Quality Improvement)

Authors

  • Dydik Kurniawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mulawarman
  • Fara Virgianita Pangadongan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17812

Abstract

Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan menggunakan MEQIP (Mathematic eduation quality Improvement) di SD Samarinda Kota. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah “Pelatihan”. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah: Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Keberhasilan kegiatan pelatihan ini akan dievaluasi melalui proses yang dilihat dari aktivitas peserta mengkuti kegiatan pelatihan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah para guru SD Se-Kota Samarinda yang direncanakan dan di undang berjumlah 43 orang. Pelaksanan kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi dan presentasi hasil pelatihan. Materi yang diberikan terdiri dari 5 materi, yaitu Sumber dan media pembelajaran serrta pentingnya alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD, Pengenalan MEQIP. Peragaan penggunaan alat peraga luas segitiga, segiempat dan lingkaran. Dari hasil pelatihan guru-guru mampu memanfaatkan alat peraga yang tersedia di sekolah secara maksimal, dan mampu mengajarkan konsep-konsep matematika dengan benar sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

References

Alin ,Dyahsih (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 – Nomor 2, November 2015, (175 - 185)

Atmaja, N, P. 2016. Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Diva Press,

Aziz, A. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung,

Budiarto, M. T. (2006). Profil abstraksi siswa SMP dalam mengkonstruk hubungan antar segiempat. (Disertasi Doktor tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya

Experiences”. Journal International. Bill Usser. 2003. Interactions, Student Enthusiasm And Perceived Learning In An Online Teacher Education Degree.

Indayani ,Sri (2015). Profil Pemahaman Siswa Terhadap Luas Dan Keliling Bangun Datar Yang Digunakan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional ( Penelitian Pada Kelas Vii Mtsn Ketanggung Ngawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 ) . Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.3, No.3, hal 326-337 Mei 2015

Jacobs, HR. (1974). Geometry. San Francisco: WH Freeman and Company

Mahnun ,Nunu (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Mawardi. 2017.Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8 (1),26-40.

Novitasari ,Dian (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Volume 2 Nomer 2 Desember 2016

Purwono ,Joni (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2, Hal 127 – 144, Edisi April 2014

Rizal. 2010. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Jakarta: Penerbit CV. Rajawali.

Sumarni (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Menghitung Volume Balok Dan Kubus Dengan Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Pada Siswa Kelas Vi Sd Muhammadiyah 3 Surabaya . Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya

Santyasa, I.W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung (MEDIA-PEMBELAJARAN.PDF-Adobe Reader)

Suandito ,Billy (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 1, 2017

Sudjana.2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwangsih dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Wijaya & Rusyan. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran. Disajikan untuk Bahan ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB (pengenalan-media-pembelajaran.PDF-Adobe Reader).

Yusuf ,Burhan (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan . Jurnal Prosiding Ks: Riset & Pkm Volume: 2 Nomor: 2

Zainal, A. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,

Downloads

Published

2019-06-19

How to Cite

Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Pangadongan, F. V. (2019). Pelatihan Kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematic Eduation Quality Improvement). International Journal of Community Service Learning, 3(2), 56–62. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17812

Issue

Section

Articles