PEMBUATAN WEB DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING JENJANG SMP/MT.S

Authors

  • dydik kurniawan Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih Universitas Mulawarman
  • heti Aru Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.24244

Abstract

Pengabdian Ini bertujuan “untuk meningkatkan keterampilah Guru Bimbingan Dan Konseling  dalam pembuatan web Tingkat SMP/MT.s Se-Kecamatan Samarinda Ulu. Web merupakan alat komunikasi dengan menggunakan target seseorang untuk menyampaikan informasi kepada khalayak, dalam web ini seseorang dapat menyampaikan ide, pikiran atau gagasan untuk melakukan suatu rencana. Melalui Media web untuk Layan informasi Bimbingan dan Konseling sangat cocok untuk masyarakat yang luas dalam menyebarkan informasi. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah para Guru Bimbingan dan Konseling jenjenag SMP/MT.s Se-Kecamatan Samarinda Ulu. Melalui kegiatan ini kami harapkan dapat: Memberikan kontribusi, kreatifitas, dan keterampilan yang besar sebagai pemahaman tentang pentingnya media dalam layanan informasi. Keberhasilan dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat dapat dilihat dari: respons peserta workshop diukur melalui tahapan observasi selama pelatihan berlangsung. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan yaitu Kegiatan ini mampu memberikan manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran bagi peserta (guru) yang menjadi  sasaran dalam kegiatan ini. Bentuk pelatihan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan penyegaran/meningkatkan keterampilan dan tambahan wawasan serta pengetahuan peserta khususnya di bidang teknologi informasi. Materi yang disajikan dapat diterima, dicerna, dan dipahami peserta dengan baik. Kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan dan para peserta dapat berkomunikasi dengan para pembicara dan peserta lain dengan baik.

References

Abdul Kadir, 2010, From Zero to A Pro- Membuat Aplikasi Web dengan PHP+Database MySql, Andi Offset, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Coupey, Eloise. (2001). Marketing and The Internet. Prentice Hall, New Jersey

Experiences”. Journal International. Bill Usser. 2003. Interactions, Student Enthusiasm And Perceived Learning In An Online Teacher Education Degree.

Gibson R.L dan Mitchell, M.H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gregorius. 2000. Membuat Homepage Interaktif Dengan CGI/Perl.Jakarta: PT. Elex Media Koputindo.

Kim, B. S. K., & Lyons, H. Z. (2003). Experiential Activities and Multicultural Counseling Competence Training, Journal of Counseling and Development, Vol. 81, Fall 2003, p. 400-408.

Komalasari, Gantina, Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Mahnun ,Nunu (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Mawardi. 2017.Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

(1),26-40.

Prayitno, Erma Amti. 2008. Dasar - Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Reneka cipta.

Rizal. 2010. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Jakarta: Penerbit CV. Rajawali.

Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sudjana.2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Ussher, Bill.(2004) Interactions , Student Enthusiasm And Perceived Learning In An OInline Teacher Education Degree . Joint conference of Commonwealth of Learning-DEANZ. The University of Waikato, Hamilton, New Zealand

Watts, A. G. (2002). The Role of Information and Communication Technologies in Integrated Career Information and Guidance Systems: A Policy Perspective. International Journal for Educational and Vocational Guidance, Vol. 2/3, p. 139-155.

Wijaya & Rusyan. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran. Disajikan untuk Bahan ajar untuk Diklat E- Training PPPPTK TK dan PLB (pengenalan-media-pembelajaran.PDF-Adobe Reader).

Yusuf ,Burhan (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan . Jurnal Prosiding Ks: Riset & Pkm Volume: 2 Nomor: 2

Zainal, A. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,

Zainal Muttaqien. (2011). Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah. Artikel Ilmiah. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2020-05-07

How to Cite

kurniawan, dydik, Wahyuningsih, T., & Aru, heti. (2020). PEMBUATAN WEB DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING JENJANG SMP/MT.S. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 52–58. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.24244