Pelatihan Pembuatan Aplikasi Alat Tes Menggunakan Macromedia Flash dan Google Forms Bagi Konselor Sekolah

Authors

  • Dydik Kurniawan Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • Huzaifah Umar Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.35536

Keywords:

Alat Tes, Macromedia Flash, Google Forms

Abstract

Pelaksanaan bimbingan dan konseling di beberapa sekolah masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang cukup mahal. Pelatihan ini dilaksanakan dengan maksud agar pembuatan program Bimbingan dan Konseling disekolah dapat terlaksana selama masa pandemik Covid 19, sehingga pelaksaan program yang dibuat berjalan dengan baik. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dengan diikuti 25 peserta, pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan secara Daring. Hasil dari pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembeuatan instrument (alat tes)menjadi lebih menarik serta berbasis online yang dapat menjadi solusi di masa pandemik covid 19, dengan memanfaatkan instrument (alat tes) tersebut tugas para guru Bimbingan dan Konseling akan lebih efektif dan efisien. Kesimpulan Hasil kegiatan terjadinya Peningkatan Kompetensi guru mengoptimalkan pembuatan aplikasi alat tes memanfaatkan macromedia flash dan google forms.

References

Basri, S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media Dalam Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Al Isyraq, 1(1), 83–107. http://alisyraq.pabki.org/index. php/alisyraq/article/view/6/8.

Cahyawulan, W., Badrujaman, A., Fitriyani, H., Mamesah, M., Eka, Wahyuni, & Djunaedi. (2019). Peningkatan Kompetensi Teknologi dan Informasi Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 195–199. https://doi.org/10.31960 /caradde.v1i2.76.

Coupey, E. (2001). Marketing and The Internet. Prentice Hall.

Gunawan, I. G. D., Pranata, Paramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 15–30. http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/34/29.

Imawanty, & Fransiska, A. B. (2019). Guru Bimbingan Dan Konseling Berkualitas Di Era Revolusi 4.0 : Pembelajar, Kompeten, Dan Up To Date. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 147–153. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view /5726/4108.

Iqbal, M., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Urnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120–127. http://alisyraq.pabki.org/index.php/alisyraq/article/view/6/8.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 3(1), 56–65. https://ejurnal.teknokrat.ac.id /index.php/jurnalmathema/article/view/1008/543.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474.

Triyono, Febriani, R. D., Hidayat, H., & Putri, B. N. D. (2019). Pelatihan penggunaan teknologi informasi kepada guru bimbingan dan konseling. Jurnal PKM Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v1i2.2829.

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43.

Yuwono, M. R., Aribowo, E. K., Firmansah, F., & Indrayanto, B. (2020). Pelatihan Anbuso, Zipgrade, Dan Google Form Sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.31604/jpm.v3i1.49-60.

Downloads

Published

2021-07-03

How to Cite

Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Umar, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Alat Tes Menggunakan Macromedia Flash dan Google Forms Bagi Konselor Sekolah. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 145–150. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.35536

Issue

Section

Articles