Pendampingan Kegiatan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris MIN 1 Kota Madiun

Authors

  • Rosita Ambarwati Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Nuri Ati Ningsih Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Yuli Kuswardani Universitas PGRI Madiun
  • Angela Valentiara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.52153

Keywords:

Pendampingan, Penyusunan, Buku Ajar, Bahasa Inggris

Abstract

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran mulok di sekolah dasar sehingga tidak ada acuan di kurikulum sebagaimana mata pelajaran lain. Selain itu belum ada buku ajar Bahasa Inggris yang beredar yang dapat digunakan dalam proses belajar. Untuk menghasilkan capaian pembelajaran yang baik dan proporsional, guru Bahasa Inggris di sekolah dasar harus mampu menyusun perangkat mengajar yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman, yaitu revolusi industri. Berlatarbelakang hal tersebut, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) mendampingi guru dalam menyusun silabus pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21, (2) mendampingi guru dalam menyusun buku ajar berbasis HOTs. Kegiatan dilaksanakan di MIN 1 Kota Madiun selama satu semester. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pendekatan active and participatory learning dan pendekatan praktis pragmatis. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu: (1) ceramah & diskusi, (2) demonstrasi/praktik, (3) konsultasi & revisi, (4) presentasi, dan (5) evaluasi. Luaran kegiatan ini adalah: 1) silabus materi ajar dan RPP kelas 1,2,3,4,5, dan kelas 6, dan 2) draf buku ajar Bahasa Inggris SD kelas 1,2,3,4,5 dan kelas 6 berbasis HOTs.

References

Anggraini, V. A., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flip PDF Coorporate pada Materi Media Komunikasi Kehumasan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2219–2232. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6936.

Asriani, P., & Sa’dijah, C. (2017). Bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160.

Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di Jenjang SD Sederajat untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359–378. https://core.ac.uk/download/pdf/304727213.pdf. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355

Bintang, Z. (2022). Peran Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak di Usia “Golden Age.” Islamic Elementary School (IES), 2(1), 171–195. https://doi.org/10.55380/ies.v2i1.279.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Darmawan, D. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Proceding Secretari Universitas Pamulang, 1(1). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSU/article/view/9698/6098.

El Khairat, M. (2021). An Optimization of Language Learning in Writing through E-Learning: Encountering COVID-19 Pandemic. International Journal of Language Education, 5(1), 528–541. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1293328.pdf. DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v5i1.15375

Firmansyah, D. B., Utami, S. M. B., Dhyaningrum, A., Pascarina, H., & Subuhi, I. (2021). Pelatihan English Speaking Skill Untuk Siswa-Siswi MTS N 8 Kebumen: Merawat Kreativitas Selama Pandemi Covid. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 1(2), 119–131. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i2.1411. DOI: https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i2.1411

Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordiana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 688–698. https://doi.org/10.31980/tp.v3i2.416.g405.

Hadi, M. S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis PPK, Literasi, 4C, dan HOTS di SMPN 2 Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Warta Pendidikan| E-Journal, 4(7), 33–40. https://doi.org/10.0503/wp.v4i7.44. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i5.118

Hawadi, L. F. (2022). Psikologi Pendidikan: Perspektif Barat & Islam. Universitas Indonesia Publishing.

Hawanti, S. (2014). Implementing Indonesia’s English language teaching policy in primary schools: The role of teachers’ knowledge and beliefs. International Journal of Pedagogies and Learning, 9(2), 162–170. https://doi.org/10.1080/18334105.2014.11082029. DOI: https://doi.org/10.1080/18334105.2014.11082029

Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23–37. https://doi.org/10.52434/jp.v10i1.84. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p23-31

Ira, E. F. S. H. M. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.30998/fjik.v2i2.382.

Jung, H. J. (2015). Fostering an English teaching environment: Factors influencing English as a foreign language teachers’ adoption of mobile learning. Informatics in Education, 14(2), 219–241. https://doi.org/10.15388/infedu.2015.13. DOI: https://doi.org/10.15388/infedu.2015.13

Juriana, J. (2017). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.773. DOI: https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.773

Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Teluk Kuantan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883–890. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/6514/5873. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225–232. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Lubis, R. A. (2022). Pengaruh Pola Komunikasi dan Interaksi Kader Terhadap Kemajuan Roda Organisasi Medan Bernalar. Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 701–708. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.78.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., & Fauzi, R. (2022). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Penerbit NEM.

Panggabean, N. H., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis.

Rahmat, H., & Fauzi, W. H. (2022). Pengenalan pembelajaran bahasa Inggris dasar untuk anak-anak di masa pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 154–165. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4937. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4937

Salam, N., Mustain, K., Prasetyo, H., Purwaningsih, H., & Widowati, T. (2020). Bimbingan dan Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Metode Pembelajaran Communicative Approach Bagi Santri TPA Al-Amien-Tidar Permai-Karangbesuki-Sukun-Kodya Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(2), 7–7. https://doi.org/10.33795/jppkm.v7i2.34. DOI: https://doi.org/10.33795/jppkm.v7i2.34

Saroh, S., & Juansah, D. E. (2018). Ragam Bahasa Pada Jejaring Sosial Facebook dan Penggunaannya Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3746. DOI: https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3746

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 456–469.

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316–325. https://scholar.archive.org/work/2niq3uxo4jdmhbh6eerwcy5teq/access/wayback/http://jurnal.utu.ac.id/baktiku/article/download/2835/pdf_1. DOI: https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835

Virdyna, N. K. (2015). Penerapan metode fonik dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 113–130. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/okara/article/download/584/566. DOI: https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.584

Yudiar, N. (2021). Tahapan Perkembangan Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya, 1(2), 138–157. http://jurnal.stitalihsan.ac.id/index.php/alidrak/article/view/20/11.

Zulkifli, N. A. (2014). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa dengan menggunakan running dictation melalui materi agama di sd it al-fittiyah pekanbaru. Kutubkhanah, 17(2), 175–197. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i2.816.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Rosita Ambarwati, Nuri Ati Ningsih, Kuswardani, Y. ., & Angela Valentiara. (2022). Pendampingan Kegiatan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris MIN 1 Kota Madiun. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 312–327. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.52153

Issue

Section

Articles