Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Melalui Story Book Berbasis Local Wisdom Menuju Madiun Smart City

Authors

  • Rosita Ambarwati Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Nuri Ati Ningsih Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Yuli Kuswardani Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Bima Arlita Putra Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Shelin Ervianza Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Reynaldi Sepbrio Pramudya Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Kharis Mawardi Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia

Keywords:

Literasi, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Story Book, Local Wisdom

Abstract

Penguatan literasi bahasa Inggris sangat penting bagi siswa sekolah dasar untuk membentuk sumber daya yang berkualitas dalam membangun bangsa. Tujuan dari kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa Sekolah Dasar di kota Madiun sebagai upaya mendukung kota Madiun menjadi Smart City. Kegiatan abdimas ini menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (pendekatan pembelajaran berbasis budaya) yaitu dengan menciptakan buku cerita bergambar berbahasa Inggris berbasis kearifan lokal Madiun. Implementasi kegiatan ini bermitra dengan SD Kreatif Aisiyah Kartoharjo Kota Madiun. Kegiatan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap 1 adalah kegiatan menulis buku History of Madiun yang ditulis oleh tim dan didukung oleh beberapa mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Proses penulisan buku melalui proses observasi, penggalian data budaya yang ada di kota Madiun, penentuan topik cerita, penulisan topik dalam cerita, editing buku, proses ISBN dan cetak buku. Tahap 2 adalah implementasi. Pada tahap ini kegiatan berpusat di sekolah mitra. Kegiatan meliputi; sosialisasi/bedah buku, modelling/demonstrasi teknik membaca dan memahami isi buku, dan pendistribusian buku di pojok baca buku dan perpustakaan. Hasil kegiatan ini menunjukan; (1) Peningkatan minat siswa dalam membaca., (2) Pembiasaan budaya membaca sebelum pembelajaran dimulai, (3) Peningkatan pemahaman budaya dan kearifan lokal Madiun.

Published

2025-03-13

How to Cite

Ambarwati, R., Nuri Ati Ningsih, Yuli Kuswardani, Bima Arlita Putra, Shelin Ervianza, Reynaldi Sepbrio Pramudya, & Muhammad Iqbal Kharis Mawardi. (2025). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Melalui Story Book Berbasis Local Wisdom Menuju Madiun Smart City. International Journal of Community Service Learning, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/87666

Issue

Section

Articles