Penyusunan Buku Ajar Digital Pembelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Rosita Ambarwati Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Nuri Ati Ningsih Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Sumani Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Dwi Fitriana Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia

Kata Kunci:

Pendampingan, Buku Ajar digital, Bahasa Inggris

Abstrak

Keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sumber belajar yang menarik. Masih banyak kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah sumber belajar yang optimal yaitu keberadaan buku ajar sebagai penunjang lancarnya proses pembelajaran dikelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan buku ajar digital sesuai dengan isi kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Model pendekatan yang diterapkan pada kegiatan ini adalah PLA (Participatory Learning Action). Metode PLA diterapkan untuk memperdalam penguasaan materi pengembangan bahasa Inggris. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari kegiatan ini meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun materi pembelajaran berdasarkan kurikulum Merdeka dan guru memahami cara membuat buku teks digital dengan baik. Sebanyak 80% peserta menyatakan sangat puas dengan hasil pelatihan. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam untuk melihat sejauh mana buku teks digital dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa

Diterbitkan

2024-05-03

Cara Mengutip

Ambarwati, R., Nuri Ati Ningsih, Sumani, & Dwi Fitriana. (2024). Penyusunan Buku Ajar Digital Pembelajaran Bahasa Inggris . International Journal of Community Service Learning, 8(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/75225

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama