PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu daerah dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Lodtunduh Kecamatan Ubud Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diperoleh Kelas V SD Negeri 3 Lodtunduh sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V SD Negeri 4 Lodtunduh sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil Penelitian menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,057, sedangkan ttabel = 2,00. Sehingga dapat dikatakan bahwa thitung = 5,057 > ttabel= 2,00, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa pada kelas eksperimen yaitu = 77,08 dan pada kelas kontrol yaitu = 67,71. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu daerah berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Lodtunduh Kecamatan Ubud Tahun Ajaran 2016/2017.References
Agustin, Purwaningsih. 2014. “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Teams Games Tournaments (TGT) ditinjau dari Kemampuan Matematik pada Materi Pokok Hidrolisis Garam terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014”. UNS Surakarta, Volume 3.
Anggraini, Ni Putu. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti”. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Artayasa, Putu. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (Tongkat Berbicara) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa”. FKIP Universitas Mataram, Volume 8.
Boinah. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Volume 14, Nomor 1 (hlm. 1-9)
Dantes, Nyoman. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Deni, Achmad Afrian. 2016. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 7 Kotabumi Tahun Pelajaran 2015/2016”. Universitas Lampung, Volume1.
Imas & Berlin.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Jamiati, Rachmat Sahputra & M. Akip. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 3, Nomor 1 (hlm. 56-63)
Meidawati, Yeni. 2014. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Tebimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Pascasarjana Universitas Terbuka, Volume 1.
Pradnyani, Ni Luh Kd. Dwi, I Wyn. Sujana & Ni Wyn. Suniasih. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SDN 2 Sesetan Denpasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Puspitawangi, Rai. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Sawan Tahun Ajaran 2015/2016”. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.
Retnowati, Diah Ayu & Muhamad Afandi. 2016. Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Metode Talking Stick di Kelas V SDN Balerejo 01. Volume 3, Nomor 1 (hlm. 20-28)
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sudrajat, Ajat dan Elah Nurelah. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Cooperative Learning Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Pisangan Timur 12 Pagi Pulogadung Jakarta Timur. Jurnal INDI-Inovasi Didaktik. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 79-90)
Sugiyanto, Badrun Kartowagiran & Jailani. 2015. Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 19, Nomor 1 (hlm. 82-95)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Wahyuni, Sri, I Nengah Kundera & Yusdin Gagaramusu. 2013. Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 2 Posona. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 64-76)
Wisnawa, I Dewa Gede Raka , Ndara Tanggu Renda & I Wayan Widiana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 6, Nomor 3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)