Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Ni M.C.D. Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • IK. Ardana Universitas Pendidikan Ganehs
  • G.N.S. Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan quasi-experiment dengan desain non-equivalen. Populasi pada penelitian ini adalah 10 kelas V dengan jumlah 334 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas V SD No. 3 Tibubeneng sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC SD No. 2 Tibubeneng sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dengan tes pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPA dan dianalisis menggunakan uji-t. Analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah uji-t, diperoleh t hitung yaitu 3,926. t hitung tersebut dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 63 diperoleh t tabel = 1,998. Berdasarkan kriteria pengujian, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,926 > 1,998, maka Ho ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model discovery learning berbantuan lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Untuk penelitian yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media Publishing.

Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I Made Arya Kartawan.2017. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Vol 1, No 1 (2017).

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Barus, Ira Wati. 2017. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja’ Journal of Education Action Research Vol 2, No 2 (2018): May 2017.

Husamah. 2013. Pembelajaran diluar Kelas Outdoor Learning. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014.SuksesMengim- plementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta : Kata Pena.

M. Lamasai, Muzria. 2014. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung”. Vol. 5 No. 3.

Malihatul Aini, Isna. 2016. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015”. (diakses pada tanggal 6 Maret 2018, pukul 17.00)

N, Budiman. N. 2012. Etika Profesi Guru. Yogyakarta : Mentari Pustaka.

Permendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Lampiran III”. Jakarta : Kemendikbud.

Putra . Komang Wisnu Baskara & I Made Agus Wirawan, Gede Aditra Pradnyana.2017. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017.

Putrayasa, I Made. 2014. “ Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.

Rismayani , Ni Luh. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol 1, No 2 (2013).

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik. Jakarta : Bumi Aksara.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Indeks.

Setyosari, H. Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Putri, N. M., Ardana, I., & Agustika, G. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211–218. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Issue

Section

Article