Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • N.P.D Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • G.N.S. Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah116 orang siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Ubud dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VC SD Negeri 1 Ubud dengan jumlah 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t.Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eksperimenyaitu81,25 sedangkan rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 74,62. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STADberbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran STAD berbasis portofolio.

References

Adi, I N. S. M. & N. N. Padmadewi, N. M. Ratminingsih.2017.” The Effect Of Stad Upon Students With Different Level Of Self Esteem Toward Reading Comprehension Of Eleventh Grade Students Of Sman 1 Kediri Tabanan In The Academic Year 2013/2014”. International Journal of Language and Literature Vol 1, No 3 (2017).

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar.2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual.Jakarta: Prenadamedia Group.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrawati, Ni Luh Gede Eka. 2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017”. Journal of Education Action Research Vol 1, No 2 (2017): August 2017.

Japa dan Suarjana. 2015. Buku Ajar Matematika. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Jayano,Dw. Md. R. Dwi & I Gst. Ngr. Japa I Md. Tegeh.2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Bermuatan Catur Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn 1 Sangsit”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Nasution. 1999. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakartta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Pujiono, Rudi.2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V B Sdn 047 Tarakan”. Journal of Education Research and Evaluation Vol 1, No 4 (2017).

Putra. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Ubud”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, H. Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudana, I Putu Ari & I Gede Astra Wesnawa.2017.” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaraan Di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuni. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Darmayanti, N., Wiarta, I., & Agustika, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(3), 228–236. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15962

Issue

Section

Article