Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18526Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas III SD. Sampel yang diambil adalah 31 siswa. Berdasarkan perhitungan uji normalitas awal menggunakan uji Liliefors diperoleh n = 31 dan taraf nyata α = 0,05, dari nilai kritis L didapat Ltabel = 0,1591. Karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,1428<0,1591, maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribus normal. Berdasarkan hasil perhitungan data akhir nilai posttest diperoleh Lhitung = 0,1202 dengan n = 31 dan taraf nyata α = 0,05 dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel =0,1591, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,1202 < 0,1591 maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari data hasil pretest dan posttest memenuhi kriteria pengujian karena keduanya berdistribusi normal .Berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,54302 > 2,04. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belaja rsiswa sebelum dan sesudah perlakuan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. RINEKA CIPTA 2013.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Rohmiyati. 2015. Pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tipe Tandur terhadapmotivasi danhasil belajarpada sub konsepsistem organisasi kehidupan di.
Hamalik O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Laras Khairan, Anissa, dkk dan Ismah. 2016. Pengaruh model pembelajaran QuantumTeaching tipe Tandur diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Volume 2 Nomer 1.
Muldi Susanti, Hesti, Joharman, Suripto. 2013. Penerapan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Mewek Tahun ajaran 2012/2013. KALAM CENDEKIA, Volume 4, Nomor 2, hlm. 112 – 119.
MTs Ibnul Qoyyimputri. Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1, No. 2
Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rosmala Amelia, Isrok’atun. 2018. Model model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Setiawan, Hendri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada. Jurnal PJOK Undiksha. Vol 2, No1.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutrisno Perdana. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120).
Winda Yani, Jufri, Arcat. 2016. Pengaruh metode pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP IT Innayah Ujungbatu.
Yahya, Husniyati. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Islam Terpadu Al-Fityangowa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1.
Yanuarti, Ary, A. Sobandi. 2016. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1, halaman 11 –18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)