Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika

Chintya Budhyarto Putri, Intan Rahmawati, Muhajir Muhajir

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain  penelitian Pre Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas III SD.  Sampel yang diambil adalah 31 siswa. Berdasarkan perhitungan uji normalitas awal menggunakan uji Liliefors diperoleh n = 31 dan taraf nyata α = 0,05, dari nilai kritis L didapat Ltabel = 0,1591. Karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,1428<0,1591, maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribus normal. Berdasarkan hasil perhitungan data akhir nilai posttest diperoleh Lhitung  = 0,1202 dengan n = 31 dan taraf nyata α = 0,05 dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel =0,1591, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,1202 < 0,1591 maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari data hasil pretest dan posttest memenuhi kriteria pengujian karena keduanya berdistribusi normal .Berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,54302 > 2,04. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belaja rsiswa sebelum dan sesudah perlakuan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. RINEKA CIPTA 2013.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Rohmiyati. 2015. Pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tipe Tandur terhadapmotivasi danhasil belajarpada sub konsepsistem organisasi kehidupan di.

Hamalik O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Laras Khairan, Anissa, dkk dan Ismah. 2016. Pengaruh model pembelajaran QuantumTeaching tipe Tandur diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Volume 2 Nomer 1.

Muldi Susanti, Hesti, Joharman, Suripto. 2013. Penerapan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Mewek Tahun ajaran 2012/2013. KALAM CENDEKIA, Volume 4, Nomor 2, hlm. 112 – 119.

MTs Ibnul Qoyyimputri. Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1, No. 2

Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rosmala Amelia, Isrok’atun. 2018. Model model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Setiawan, Hendri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada. Jurnal PJOK Undiksha. Vol 2, No1.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutrisno Perdana. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120).

Winda Yani, Jufri, Arcat. 2016. Pengaruh metode pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP IT Innayah Ujungbatu.

Yahya, Husniyati. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Islam Terpadu Al-Fityangowa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1.

Yanuarti, Ary, A. Sobandi. 2016. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1, halaman 11 –18.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18526

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF file view : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:

Crossref  

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.