Implementasi Model Problem Based Learning Berbantu Lego dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18530Abstract
Implementasi Model Problem Based Learning berbantu Media Lego dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model problem based learning berbantu lego terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Gabus 01 Gabus Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk true experimental design, dengan rancangan pretest-posttest control groub design. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jenis sampel yang digunakan adalah kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, dan tes. Hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata nilai pretest yaitu pada kelas kontrol 64,25 menjadi 71,25 pada nilai posttest. Sedangkan pada kelas eksperimen dilihat dari rata-rata nilai pretest yaitu 54,75 menjadi 80,25 pada nilai posttest. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih besar daripada ttabel (2,394 < 2,023) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulanya bahwa implementasi model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika SD.References
Azmi, Muhamad Khairul, Satutik Rahayu, Hikmawati. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No 2 Hal. 86-94. Tersedia Pada : http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=917835&val=14364&title=Pengaruh%20Model%20Problem%20Based%20Learning%20dengan%20Metode%20Eksperimen%20dan%20Diskusi%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Fisika%20Ditinjau%20dari%20Sikap%20Ilmiah%20Siswa%20Kelas%20X%20MIPA%20%20SMA%20N%201%20Mataram. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 Hal. 44-52. Tersedia Pada : https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5442. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Dewina, Sindy, Ondi Suganda, Rahma Widiantie. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi Volume 9, Nomor 2 Hal. 46-54. Tersedia Pada : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/748. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Fauziah, Intan, Samsul Maarif, Trisna Roy Pradipta. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Analisa Vol. 4 No. 2 Hal. 90-98. Tersedia Pada : http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 2, Hal. 199-211. Tersedia Pada : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3597. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasatkn Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kuriklum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Sianturi, Aprilita, Tetty Natalia Sipayung, dan Frida Marta Argareta Simorangkir. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 Hal. 29-42. Tersedia Pada : http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/2082. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Sugiarti, Arif, Mursalin. 2018. Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018. http://journal. unj. ac. id /unj /index. Php /psdpd /article /download /10184 /6600/. Diakses tanggal 17 Mei 2019.
Wijaya, Sudjimat, Nyoto. 2018. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278%20TRANSFORMASI%20PENDIDIKAN%20ABAD%2021%20SEBAGAI%20TUNTUTAN%20PENGEMBANGAN%20SUMBER%20DAYA%20MANUSIA%20DI%20ERA%20GLOBAL.pdf. Diakses tanggal 18 Mei 2018.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)