Pengaruh Model TGT Media Dakonmatika Materi FPB & KPK Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Zulfa Setiadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
  • Fenny Roshayanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
  • Wawan Priyanto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22560

Abstract

Tujuan yang dicapai ialah Bagaimana pengaruh model TGT media Dakonmatika materi FPB dan KPK terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 01 Candi Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 01 Candi Semarang. Sampel yang diambil adalah siswa dari kelas IV SD N 01 Candi Semarang yang berjumlah 20 orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil belajar siswa kelas IV menggunakan model TGT media Dakonmatika materi FPB dan KPK,, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,8 dengan nilai tertinggi 68 dan nilai terendah 28. Nilai rata-rata posttest sebesar 78 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 68. Berdasarkan hasil perhitungan data akhir nilai posttest diperoleh Lhitung  = 0,98 dengan n = 20 dan taraf nyata α = 0,05 atau 5% dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel =0,190, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,98 < 0,190 maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari data hasil pretest dan posttest memenuhi kriteria pengujian karena keduanya berdistribusi normal . Berdasarkanuji-t diperoleh thitung > ttabelyaitu 139,45 > 2,086. Dengan demikian H0 ditolak dan Haditerima. 

Kata Kunci: Teams Game Tournament, Dakonmatika FPB & KPK, hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

A’yuningsih, D. Q., Suardana, I. N., & Suwenten, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 37-47.

Dimiyati dan Mudjiono. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harjoko. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Pada Siswa Kelas V SD N Kedungjambal 02 KAB.Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Asep. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (DAKOTA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriani, Dias Septi. 2014. Keefektifan Model Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS. Journal Of Elementary Education. 3(2) (2014).

Peraturan Pemerintah. 2005. Nomor 19 Tahun 2005tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas. 2003. UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Purwanto, M Ngalim. 2003. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roshayanti, Hayat dan Prima. 2013. Model Pembelajaran Sains Dengan Permainan Dakon Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Prosiding UPGRIS.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, Evelin, dan Nara, Hartini. 2011. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto.2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwangsih, Erna, dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Setiadi, Z., Roshayanti, F., & Priyanto, W. (2019). Pengaruh Model TGT Media Dakonmatika Materi FPB & KPK Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 501–510. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22560

Issue

Section

Article