Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Gst. A. Km. Trianawati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. Gd. Surya Abadi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Keywords:

discovery learning, animasi, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu (quasi-experimental design) menggunakan desain Non-equvalen Control Group Design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 8 kelas berjumlah 246 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling pada kelompok kelas. Sehingga diperoleh kelas IV SDN 1 Mambal sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 3 Mekar Bhuana sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPA menunjukkan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata- rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas kontrol  eksperimen = 0,55 >  kontrol = 0,29). Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji- t dengan rumus polled varians. Kriteria pengujian pada taraf signifikansi 5% dan dk = 68. Diperoleh harga 5,445 thitung > ttabel 2,000. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model discovery learning berbantuan media animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2018/2019

References

Agung, A. A. G. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja.

----------. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

----------. 2016. Statistika Untuk Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Ardana, I Ketut. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Semester II Undiksha UPP Denpasar: FIP Singaraja, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Anitah W, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Bahari, Ni Ketut Intan, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 5 Blahbatuh Tahun Ajaran 2016/ 2017: FIP Undiksha, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Candra, Anak Agung Bagus Trisna Adi. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas VI SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Undiksha, tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10655 , Vol 5, No 2 (2017)

Cahyani, Ni Nyoman Tri Dhiana, dkk. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus III Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Undiksha, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume x Tahun xxxxx

Dewi, Ni Pt. Karminia Ratna, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Undiksha, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 1No. (2) pp. 191-197

Dantes, N. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Soisal. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, Asep Hernawan. 2017. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Iskandar. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press)

Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Bandul Yogyakarta: Multi Persindo.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Teknik Analis Data Kuantitatif. Singaraja.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud

Munir, 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ngalimun, 2017. Strategi Pembelajaran. Bandul Yogyakarta: Dua Satria Offet.

Sapriati, Amalia. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Bandung: Pradanamedia Group.

Wardani, IG. A. K. 2014. Perspektif Pendidikan SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yusuf, A. M. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-04-09

How to Cite

Trianawati, I. G. A. K., Ardana, I. K., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Issue

Section

Artikel