Factors Causing Difficulty in Learning Mathematics for Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.44714Keywords:
Learning Difficulty Factors, Mathematics, Elementary SchoolAbstract
Kesulitan belajar Matematika ini terjadi karena dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor-faktor penyebab kesulitan dalam belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan 3 tahap: yakni reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Simpulan atau verifikasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah Guru kelas V dan Siswa kelas V. Alat pengumpulan datanya berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada mata pelajaran matematika yaitu kesulitan dalam menggunakan operasi hitung dengan benar, kesulitan saat memahami bahasa soal dan kesulitan dalam mengerjakan soal yang banyak rumus. Hal ini menunjukkan bahwa minat serta motivasi siswa terhadap pelajaran matematika kurang, Sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar. kurangnya minat ini mungkin karena anggapan para siswa yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru harusnya lebih memperhatikan kembali kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. Guru harus lebih memperhatikan metode yang digunakan dalam mengajar berdasarkan dengan materi yang diajarkan agar siswa tidak cepat bosan.
References
Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Rajang Begatung II. J-PiMat, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824.
Anggraeni, A. A., P, V., & R, I. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552.
Antara, I. G. W. S., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/ijerr.v3i2.25869.g15588.
Atiaturrahmaniah, A., Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268-278. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4657.
Audina, R., & Dwi, D. F. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105364 Lubuk Rotan. AFoSJ-LAS, 1(3), 147–158. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/57.
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4. http://eprints.umpo.ac.id/6443/.
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.
Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 279–288. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19466.
Dwi, F. D., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 94–106.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–106. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70.
Hafid, H., Katono, & Suhito. (2016). Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 257–265. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12310.
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 40–48. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766.
Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.
Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Khotimah, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.56.
Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 75–89. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.739.
Mabruroh, U., Sunarsih, D., & Mumpuni, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(1), 57–68. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/250.
Malawat, R. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://jurnal-alfatih.biz.id/index.php/alfatih/article/view/8.
Matona, Moh Fadly, A. D. (2021). Meminimalisasikan Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Strategi Active Knowledge Sharing. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 80–86. https://ojs-untikaluwuk.ac.id/index.php/linear/article/view/133.
Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. Journal On Education, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869.
Nganji, J. T. (2017). Disability-aware adaptive and personalized learning for students with multiple disabilities. International Journal of Information and Learning Technology, 34(4), 307–321. https://doi.org/10.1108/IJILT-08-2016-0027.
Oktari, E. Z., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 41–50. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3006.
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 288–297. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2057.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.
Raharjo, I., Rasiman, & Untari, Asri, Fita, M. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934.
Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The effectiveness of interactive multimedia in mathematic learning: Utilizing power points for students with a learning disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400.
Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120–132. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458.
Sari, E. Y., & Windari, G. E. (2019). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn Ii Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 111–124. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1022.
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461–470. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.633.
Stohlmann, M. (2019). Integrated steM Education through Open-Ended Game-Based Learning. Journal of Mathematics Education, 12(1), 24–38. https://doi.org/10.26711/007577152790036.
Tusturi, R., HR, M., & Vitoria, L. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 127–132. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/7740.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. TEdukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–101. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/77.
Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (Cps). Prisma, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bunga Permata Hati Netson
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)