PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERNUANSA OUTDOOR STUDY TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGATAHUAN IPA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12963Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation bernuansa outdoor study dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah Kelas IV SD Negeri 6 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan Kelas IV SD Negeri 13 Sesetan sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu 81,93 dan rata-rata kelompok kontrol yaitu 68,37. Setelah diuji dengan uji t, diperoleh t hitung yaitu 5,33 > t tabel 1,980 (taraf signifikansi 5%, dk 46+46-2 = 90), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan model pembelajaran group investigation bernuansa outdoor study terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation bernuansa outdoor study dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensionalReferences
Anita, N. M. Y. I W. Karyasa, I N. Tika. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 3
Husamah.2013.Outdoor Learning.Jakarta:Prestasi Pustaka Jakartas
Kartiningsih Ni Luh. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Dapat Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Moch. Hatta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal PGSD Undiksha Vol.4
Lisnawati, Heni. 2015 “Pengaruh Model Outdoor Study Terhadap Hasil Bel-ajar Siswa Pada Konsep Ipa Kelas IV SekolahDasar”.e-Journal Universi-tas Negeri Surabaya, Volume 3 Nomor 2.
Maha, Luh. 2016. “Pengaruh Model Pem-belajaran Group Investigation Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV” e-Journal Uni-versitas Pendidikan Ganesha, Volu-me 4 Nomor 1 (hlm.1).
Mita, Sri Mahendri. 2014 “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Ber-nuansa Media Lingkungan So-sial Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V” e-Journal Universitas Pen-didikan Ganesha, Volume 3 Nomor 1.
Muliyantini, N.L.Pt. & Dsk. Pt. Parmiti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2 (hlm. 91-98)
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Ter-padu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Subekti, Sri. 2013. Komparasi Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan GI Ditinjau dari Komunikasi, Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 – Nomor 2
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Suharsimi,Arikunto.2015.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Ni Pt. Yusi, I Wyn. Darsana & I Kt. Ardana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berdasarkan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sustiani, Widya. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation berbantuan Media Visual Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Tampaksiring Gianyar”.e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1 (hlm.1).
Taniredja,Tukiran,dkk.2012.Model-ModelPembelajaranInovatif.Bandung:Alfabeta.
Wijayanti, Wahyu. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigationterhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Maddiun”.e-jurnal Universitas Negeri Malang
Wardana1, I Wyn. Setia Ni Md. Setuti2, I Gd. Wawan Sudatha. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Asesmen Proyek Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus III Tampaksiring. Jurnal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha
Wisnawa, I Dewa Gede Raka , Ndara Tanggu Renda & I Wayan Widiana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 6, Nomor 3.
Zainuddin, H. M. 2013. Implementasi Pembentukkan Karakter Bersahabat Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan. Volume 29, Nomor 1 (hlm. 69-76)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)