Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh

Authors

  • Winda Rukmana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Nyoto Hardjono Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Arlita Aryana O Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15954

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) berbantuan media tongkat tokoh. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas 2 SD Negeri Salatiga 06 Kota Salatiga. Data yang dikumpulkan meliputi aktivitas dan hasil belajar, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Skor aktivitas pra siklus di kelas 3 sebesar 72% dengan nilai rata-rata 73,50 dan skor ketuntasan belajar siswa pra siklus sebesar 75% dengan nilai rata-rata 76,50; (2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dengan nilai rata-rata 76,20 dan pada siklus II sebesar 82,50% dengan nilai rata-rata 82,40; (3)Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,50% dengan nilai rata-rata 78,15 dan pada siklus II sebesar 83,50% dengan nilai rata-rata 85,25. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas dan hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai

References

Adi, I. Kd. Dian & Md. Sulastri, I. Nym. Wirya. 2013. “Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Gaya Belajar Vak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Berbantuan Media Film”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supandi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

David Marshall Forno. 2015. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya Penggambaran Karakter Pada Tokoh Utama Dalam Film “Maleficent”. Surabaya

Dibia, I Ketut & I Putu Mas Dewantara, I Wayan Widiana. (2017). Jurnal Pemberdayaan Teknik Bercerita Berbasis Budaya Bali Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Pribadi Siswa Kelas V SD Mutiara Singaraja. Universitas Pendididkan Ganesha: Journal of Education Research and Evaluation.

Dwitayanti, Ni Md. Dewi & I Wyn. Rinda S, I Wyn. Wiarta. 2013.” Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media VCD Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus V Dr. Soetomo”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Ghufira, Siti. 2016. JurnalPengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Aktivitas Belajar Tematik Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri 1 Haduyang Tahun Pelajaran 2015/2016

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Joyce, Bruce, Marsha Weil dan Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Junaidin. 2014. Jurnal Penggunaan Media Boneka Tongkat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas 2 SDN Mojolangu 05 Malang. Malang.

Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendibud.

Lupita Cristin Katuuk. 2015. Jurnal Skripsi Analisis Perbandingan Struktur Dongeng ‘Der Fuchs Und Das Pferd’ Dan ‘Die Bienenkӧnigin’ Karya Brüder Grimm. Universitas Sam Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya Manado. Manado.

Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ni Luh Pt. A., I Wy. Rinda Suardika, I.B. Surya Manuab. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe Vak (Visual Audiotory Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sesetan”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Nurellah, Andea. Regina Lichteria Panjaitan, & Maulana. (2016: 1). Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditorial, dan Kinestetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.

Pebriani, Ni Pt. Emilia, I Md. Tegeh, Kt. Pudjawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK Berbantuan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suarsana, IM. (2013). Jurnal Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampian Berpikir Kritis Mahasiswa. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Pendidikan Indonesia.

Suarsana, IM & I Gusti Ngurah Pujawan. (2017). Jurnal Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Pecahan Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Kubu. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Widya Laksana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Rukmana, W., Hardjono, N., & Aryana O, A. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Education, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15954

Issue

Section

Article