Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15961Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media animasi dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan desain rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 385 siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yaitu 39 siswa kelas IV dari SD Negeri 10 Kesiman yang menjadi kelompok eksperimen dan 41 siswa kelas IV dari SD Negeri 3 Kesiman yang menjadi kelompok kontrol. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data di analisis dengan menggunakan uji-t, yaitu Polled Varians. Hasil analisis data menunjukkan (thitung = 3,360 > ttabel = 2,000) berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 78 (n1+n2-2). Berdasarkan hasil uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media animasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018.References
Adawiyah, Rabiatul, Ali Karim dan Yunidar. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Diskusi Siswa Kelas IV SDN Inti Tomoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 3.
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Anggreni, K. Putri, AAIN. Marhaeni, G. R. Dantes. 2013. pengaruh strategi directed reading thinking activity (drta) terhadap sikap sosial dan kemampuan membaca pemahaman bahasa inggris siswa kelas viii smp dharma wiweka Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 3.
Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Krismanto, Wawan, Abdul Khalik,Sayidiman. 2015. Meningkatkan kemampuan Membaca pemahaman Melalui metode survey,Question,Read,Recite,Review(SQ3R) Pada siswa kelas iv sd negeri 46 pare-pare. Jurnal Publikasi Pendidikan|Volume V No 3 September 2018)
Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group
Kusuma, Ida Bagus Indra, I Gusti Ngurah Japa, Made Sumantri. 2014. pengaruh strategi direct reading thinking activty (drta) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2 No. 1
Mujaddid, Faisal. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo) Vol 4, No 3. Tersedia pada http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6889/6599. (diakses tanggal 17 Januari
Nasution, Efrizal. 2014. “Problematika Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon, Vol 8, No 1. Tersedia pada http://ejurnal.lp2m-iainambon.id/index.php/mediasi/article/view/261/221 (diakses tanggal 16 Januari 2018).
Rodiyah, Siti, Sri Joeda Andajani. 2016. penerapan strategi drta (directed reading thinking activity) dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VIII DI SLB. Jurnal Pendidikan Khusus Volume 8 Nomor 2.
Rofikasari, Fitri. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jlegiwinangun Tahun Ajaran 2014/2015. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, Volume 4, Nomor 1.1, (hlm. 11-16). Tersedia pada http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/6751/5042 (diakses tanggal 16 Januari 2018)
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Grup
Sucitayana, I Made. 2014. Pengaruh Model DRTA Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Literal Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Sukawati. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 2 No:1. Tersedia pada
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3031 (diakses tanggal 17 Januari 2018)
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenasamedia Group
Taufina. 2016a. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Angkasa
Taufina dan Faisal. 2016b. Mozaik Penilaian Pembelajaran dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Cetakan ke-1. Bandung: CV. Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)