Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Lingkungan terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Kompetensi IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24332Keywords:
TPS, sikap peduli lingkungan, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan secara simultan sikap peduli lingkungan dan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan sikap peduli lingkungan antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji manova. Hasil penelitian menujukkan (1) terdapat perbedaan secara simultan sikap peduli lingkungan dan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat perbedaan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,013 < 0,05.References
Agung, A. A. G. 2017. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Alfahmi, A. M. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar.” E-journal PGSD, Volume 02 Nomor 02, (hlm. 1-11). Tersedia pada http://media.neliti.com/media/publications/251751-none-912733e1.pdf (diakses tanggal 3 januari 2019).
Astawan, I G dan Rati N W. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Dan Teknik Merangkum Terhadap Penalaran Mahasiswa.” E-journal PGSD Undiksha, Volume 3 (hlm 1-9). Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/85726-none-ce3fd1f6.pdf (diakses tanggal 06 juni 2019).
Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Candiasa, I M. 2010b. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Deruyter, S. B. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng”. E-journal PGSD Undiksha. Vol 1. Tersedia pada http://journal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/viewFile/841/714 (diakses tanggal 3 januari 2014).
Febrianti, R. 2017. “Implementasi Kedisiplinan Dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 111/1 Mutiara Bulian.” Artikel Ilmiah, (hlm. 1-37). Tersedia pada http://repository.unja.ac.id/1531/1/A1D112076-ARTIKEL.pdf (diakses tanggal 3 januari 2019).
Handayani, N P. I. 2017. “Pengatuh Model Pembelajaran TPS Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi IPA.” E-JOURNAL pgsd Undiksha, Volume 5, (hlm 1-10). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10633/6759 (diakses tanggal 3 januari 2019).
Kurniasih, Imas dan Berlin S. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.
Santyasa, I W. 2005a. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Suherman. 2014. “Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani.” Mimbar PGSD, Volume 1. Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/viewFile/866/601 (diakses tanggal 03 januari 2019).
Sumantri, M.S. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryaningsih, N K. E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Penguasaan Kompetensi IPA Siswa Kelas IV SD.” E-journal PGSD Undiksha, Volume 5, (hlm 1-13). Tersedia pada http:// C:/Users/user/Downloads/37-10784-1-SM%20(2).pdf (diakses tanggal 03 januari 2019).
Suwatra, Ign. W., Sudarma, I K, dan Tegeh, I M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.
Wati, D. A. 2017. “Upaya Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan”. Artikel Ilmiah (hlm 1-14). Tersedia pada http://repository.umo.ac.id/3740/3/BAB%20II.pdf (diakses tanggal 3 januari 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)